Oleh : Aris Darisman

Apa Itu Ilustrasi? Secara sederhana pengertian ilustrasi sebuah karya visual atau visualisasi yang dibuat oleh seniman ataupun illustrator, sebuah gambar yang menjelaskan sesuatu. Sebuah ilustarsi dapat menjelaskan sebuah ide ataupun cerita tanpa diperlukan teks sebagai pelengkapnya. Karya ilustrasi yang baik akan memungkinkan bagi pengamatnya untuk melihat ceritanya, bahkan seakan dapat membacanya. Bercerita dengan ilustrasi berarti menyampaikan suatu makna, menjelaskan konteks tertentu hanya dengan bantuan gambar. Ada sejumlah tipe ilustarsi, yaitu :

  1. editorial illustration
  2. advertising illustration
  3. concept art
  4. fashion illustration
  5. technical (scientific) illustration
  6. infographicspackaging illustration

1. Editorial Illustration

Ilustrasi yang dibuat untuk mengekspresikan ide dari teks dengan lebih baik, biasanya digunakan dalam buku, majalah, surat kabar, atau sumber daya web. Jenis ilustrasi ini tidak bisa hidup tanpa teks.

Contoh Karya Editorial Illustration
Contoh Karya Editorial Illustration

2. Advertising Illustration

Digunakan dalam materi promosi,Tujuan utamanya adalah untuk menarik perhatian pemirsa. Ini dapat digunakan tanpa teks apa pun (hanya logo perusahaan) tetapi mengekspresikan ide yang kuat agar mudah diingat.

Contoh Karya Advertising Illustration
Contoh Karya Advertising Illustration

3. Concept Art

Digunakan dalam film, game, dan industri lainnya, sebagai bahan kerja untuk menemukan citra terbaik dari suasana kerja. Hal terpenting bukanlah membuat gambar yang indah sempurna, tetapi memilih gambar yang sesuai. Concept art biasanya dibuat untuk lingkungan, karakter, kostum, dan item.

Contoh karya Concept Art
Contoh karya Concept Art

4. Fashion Illustration

Menggambarkan sepotong pakaian sebelum diproduksi. Perancang busana banyak menggunakannya dalam proses kreatif mereka. Pakaian harus ditarik sebelum dijahit. Selain itu, rumah mode menggunakan karya ilustrator mode untuk mempromosikan produk mereka dan menampilkannya dengan gaya khusus.

Contoh Karya Fashion Illustartion
Contoh Karya Fashion Illustartion

5. Technical/Scientific Illustration

Tujuan dari ilustrasi teknis (ilmiah) adalah untuk menggambarkan suatu objek secara akurat untuk menyederhanakan pemahamannya. Dalam ilustrasi teknis, yang penting bukanlah gambar dan keindahan, tetapi kejelasan gambar dan tidak adanya kebingungan.

Contoh karya Technical/Scientific Illustration
Contoh karya Technical/Scientific Illustration

6. Infographics

Pilihan gambar dan diagram dengan teks minimal, memungkinkan Anda memahami esensi topik dengan cepat. Infografis terkait dengan komunikasi dan desain grafis, tetapi juga dapat dikaitkan dengan ilustrasi. Infografis yang baik memudahkan untuk memahami informasi dan sejumlah besar data.

Contoh Infographics
Contoh Infographics

7. Packaging Illustration

Seperti ilustrasi iklan, ilustrasi kemasan membantu perusahaan untuk menjual produknya. Dan itu juga harus eye-catching dan menarik perhatian pemirsa. Tetapi juga, ilustrasi pengemasan membantu mendefinisikan merek, menambahkan sentuhan yang dipersonalisasi dan nuansa khusus.

Contoh Ilustasi Kemasan
Contoh Ilustasi Kemasan

Maskot 

Apa itu Maskot?
Wujud manusia, hewan, atau benda yang diadopsi oleh suatu kelompok sebagai sosok simbolis terutama untuk membawa keberuntungan bagi mereka. Maskot juga kadang diasosiakan sebagai jimat. Maskot dibagi ke dalam beberapa tipe, yaitu :

  1. Corporate Mascots
  2.  Animal and Creature Mascots
  3. Military Mascots
  4. Sports Mascots

1. Corporate Mascot

Maskot dalam wujud visual manusia hewan, atau atau object lainnya yang merepresentasikan sebuah brand perusahaan.

Berbagai contoh Maskot yang merepresentasikan berbagai jenis Brand ternama
Berbagai contoh Maskot yang merepresentasikan berbagai jenis Brand ternama

2. Animal and Creature Mascot

Visualisasi mascot yang mengambil wujud binatang maupun mahluk mitologi. Awalnya tipe mascot ini banyak digunakanoleh perkumpulan/club olahraga, untuk menggambarkan semangat, kekuatan, kekejaman, dan sesaktian

Maskot yang menggunakan sosok binatang atau mahluk mitologi
Maskot yang menggunakan sosok binatang atau mahluk mitologi

3. Military Mascot

Maskot yang digunakan oleh pihak militer, untuk membedakan karakter dan tugas dari masing-masing devisi atau kesatuan, kebanyakan mengambil sosok binatang buas.

Contoh Military Mascot
Contoh Military Mascot

4. Sport Mascot

Maskot yang digunakan oleh klub olahraga atau mascot yang digunakan untuk mewakili cabang olah raga. Biasanya mascot tipe ini mengambil karakteristik jenis cabang olahraga maupun menggambarkan semangat atau dukungan klub oleh raga dari mana mereka berasal.

Maskot yang merepresentasikan jenis cabang olah raga, dan dari mana klub olahraga tersebut berasal.
Maskot yang merepresentasikan jenis cabang olah raga, dan dari mana klub olahraga tersebut berasal.

Demikian yang dapat disampaikan terkait pengenalan Ilustrasi dan mascot. Sebagai kesimpulan jika merujuk pada pengertian ilusatrasi di awal tulisan, bisa dikatakan bahwa mascot juga bagian dari dunia ilustrasi, namun yang membedakan biasnya mascot dapat dikembangkan menjadi bagian dari gimmick/merchandise dalam berbagai bentuk, bahkan banyak klub olahraga yang menjadikan maskotnya dalam wujud yang benar-benar hidup, manusia menggunakan kostum berwujud mascot yang dimaksud.

Bandung, 30 November 2022