Apabila dilihat dalam dunian NFT yang sering kita lihat hanyalah sebuah visual karakter dan apakah dalam dunia interior terdapat NFT? Ya tentu saja ada meskipun tidak sebanyak visual karakter. Salah satu yang terbaru dengan adanya lelang NFT sebuah visual berbentuk furniture oleh desainer Andrés Reisinger yang terjual seharga $450,000 dalam waktu 10 menit dengan judul “The Shipping”.

Gambar 1. The Shipping.

Pembuatan NFT dalam bentuk visual NFT dirasa perlu dilakukan karena dalam prosesnya desainer tidak perlu membuat prototipe atau menjadi sebuah objek fisik yang bisa digunakan. Sebagian desainer memfokuskan karyanya hanya sebagai konsep yang bisa dijual dan diakui oleh komunitas dalam kegiatan NFT. Aspek – aspek teknis mulai ditinggalkan, seperti aspek ergonomi dan aspek material yang sangat penting dalam proses desain. Pada hasil akhir sebuah NFT hanyalah sebuah gambar yang telah dirender dengan mementingkan visual dan konsep sebagai nilai jual.

Selain The Shipping, Andrés Reisinger seorang desainer berbasis di barcelona mendesain sebuah konsep furniture yang bernama “blob-shaped couches” yang pada awalnya gambar ini di lelang dengan harga $5,000 dan berakhir pada nilai $45,000 yang uniknya furniture ini dapat di unggah dan digunakan untuk permaian Minecraft sebagai element estetik dalam permainannya.

Gambar 2. Blob-shaped couches.

Selain 2 karya NFT tersebut maasih ada lagi karya NFT dengan format sebuah video furniture yang dapat terbang, yang dinamakan dengan “Pinky Table”. Dalam videonya terlihat sebuah meja berwarna pink yang terbang seperti terhembus angun dan kembali lagi pada tempat awalnya. Video tersebut telah dimiliki oleh seorang kolektor bernama Pablo Rodriguez-Fraile dan dihargai $67,000 pada bukan oktober, untuk video lebih lengkapnya dapat dilihat pada akun Instagram @reisingerandreas.

Gambar 3. Pinky Table.

Penulis: Riono Aulia Abdullah, Desain Interior Binus @Bandung