Nurani Insani Rivat dan Friska Amalia

Penggunaan warna dalam ruang interior merupakan terjemahan abstrak, teoritis dan sangat bermakna. Penggunaan warna yang dalam interior dihimpun menjadi material nyata yang memiliki permukaan, pengalaman sentuh dan penggunaannya dalam suatu ruang.  Penerapan warna dalam desain interior merupakan hal yang kompleks dan membutuhkan kreativitas, pertimbangan dan seringkali disertai dengan pengalaman.

Warna yang digunakan untuk interior hunian bisa sangat dipersonalisasi tergantung  selera  dan  pilihan  pemiliknya. Interior rumah sakit umumnya berwarna putih dan biru untuk menunjukkan  kebersihan  dan  ketenangan.  Sebaliknya, banyak eksperimen dapat dilakukan dengan warna-warna cerah dan trendi sambil memilih warna untuk kedai makanan cepat saji dan restoran yang menargetkan anak muda. Fungsi ruang sesuai dengan warna berdasarkan preferensi klien, pengguna, suasana yang diinginkan, suasana serta suasana hati dan emosi yang diinginkan.

Sebelum Anda mendapatkan skema warna untuk ruang interior, sangat penting untuk  menanyakan  penggunaan ruang dan kebutuhan serta sikap mereka – kelompok umur apa, apakah anak-anak, remaja atau orang tua? Apakah ada orang   dengan   kebutuhan   khusus   yang   memerlukan pertimbangan desain khusus? Anak-anak kecil lebih tertarik pada warna daripada bentuk dan bayi lebih menyukai warna merah dan biru. Untuk orang tua semua warna akan lebih redup dan resolusi visual akan lebih rendah. Skema warna dapat bervariasi untuk ruangan di iklim panas dan cerah hingga cuaca dingin dan kusam, dalam pengaturan budaya dan sosial tertentu, di lokasi fisik dan geografis yang berbeda.

Lawan kata Playful / Ceria adalah palsu – kotor,- pucat – murung – sedih. Jika murung diartikan didalam diri seseorang yaitu ruangan yang gelap dan menyendiri. Cocok untuk warna hitam dan abu dalam mengaplikasikan konsep ruangannya. skema warna-warna lembut dengan garis bersih yang memikat, semakin menenggelamkan kemungkinan skema warna gelap untuk dapat memiliki kesempatan menunjukan diri sebagai sesuatu yang layak. Di dalam ruangan ini adalah konsep suasana dindng yang hanya dicor tampa di cat seperti tema industrial. Jadi terlihat seperti kotor dan pucat tetapi bukan walaupun terlihat kotor tapi jika menurut Sebagian orang ini akan terlihat memiliki nilai estetikanya.

Warnanya lebih mencolok ke warna monokrom yang mencangkup warna

Warna monokrom kini jadi warna yang banyak diminati karena kesannya yang begitu elegan. Jika diartikan menurut bahasa, monokrom berasal dari kata mono dan chrome yang artinya satu warna. Jadi, semua warna sebenarnya bisa masuk dalam kategori monokrom selama hanya terdiri atas satu tone warna, tetapi sekarang orang-orang lebih mengenal monokrom sebagai gradasi warna antara hitam dan putih.

Warna monokrom ini juga banyak ditemukan di interior rumah, perpaduan antara furnitur, dinding, lantai, peralatan dan dekorasi lainnya yang berwarna hitam- putih bisa memberikan suasana yang tenang, elegan dan terlihat simpel. Jika Good People termasuk orang yang berjiwa simple dan elegan, pemilihan warna monokrom ini sangat cocok. Selain itu tentu saja pemilihan warna monokrom pada dunia fashion selalu jadi perhatian, karena warna monokrom ini tidak pernah habis dimakan oleh waktu. Jika Good People ingin pakaian dengan trend warna yang everlasting, tentu saja warna monokrom dapat membuat tampilan gaya Anda terlihat keren.

Selain itu, pemilihan pakaian bernuansa monokrom hitam putih ini bisa bersifat fleksibel dan mudah dipadukan untuk keperluan acara apapun. Bisa untuk yang formal, semi formal bahkan informal. Good People jika memilih warna hitam bisa menampilkan kesan yang mahal, eksklusif dan profesional. Jika Anda memilih warna putih, Anda akan terlihat simpel dan netral, warna putih dapat melembutkan karakter tampilan Anda, karena warna putih sering dikaitkan dengan warna kesucian dan membangkitkan rasa harmoni atau pun keseimbangan.