Seperti biasa, setiap tahun baru membawa serta tren desain baru yang akan meledak di pasar, masing-masing ditandai dengan peristiwa yang terjadi di seluruh dunia. Bagi mereka yang bekerja di bidang interior, mencoba memahami arah  desain interior dan gaya, bahan, dan warna mana yang paling menarik bagi konsumen di musim mendatang merupakan tantangan nyata. Memprediksi tren desain besar berikutnya dan apa yang akan mendorongnya tidaklah mudah dan membutuhkan banyak penelitian dan pengamatan  mendetail.

Westend61/ Getty Images

Saya kira hal pertama yang perlu kita ketahui adalah apa itu tren? Bagaimana tren berbeda dengan mode? Pendefinisian tren sebagai gaya, warna, pola, bahan, dan bentuk tertentu dari suatu musim  yang memiliki efek jangka panjang di pasar. Tren saat ini dapat ditelusuri kembali ke tren musim sebelumnya serta peristiwa terkini dan peristiwa dunia. Di pasar domestik, kita lebih fokus pada tren “makro” (lebih besar dan lebih tahan lama) daripada tren “mikro”, yang lebih umum dalam mode cepat. Tren berbeda dari mode karena mereka bertahan lebih  lama, berkembang, dan berubah seiring waktu. Fashion juga kadang-kadang disebut “flash in the pan” dan  populer untuk waktu yang lebih singkat, seringkali secara tidak terduga.

Yaroslav Kushta/ Getty Images

Ada area tertentu yang mempengaruhi munculnya tren interior masa depan. Saya melihat faktor ekonomi, politik dan sosial dan juga masalah budaya, ilmiah dan lingkungan. Acara dan perayaan dunia, pameran galeri dan museum baru, proyek arsitektur, dan bahkan sedikit mode juga merupakan subjek yang berkontribusi.

Sebagai seorang desainer, Anda harus selalu menyadari tren saat ini dan yang akan datang, menurut saya itu penting untuk proses desain. Desainer interior dapat belajar untuk meramalkan tren yang akan datang dengan melakukan sedikit riset sendiri dan mengawasi sikap konsumen saat ini. Bagaimanapun, mereka adalah orang-orang dengan daya beli! Anda harus dapat mengidentifikasi dari berbagai publikasi, blog, dan situs web bahan dan warna apa yang merupakan awal dari sebuah tren, dan ini akan memungkinkan Anda untuk menjadi trendpotter Anda sendiri.

01-Naval color trend

02-Light Woods

03- Sustainable Modern Design

04- Statement Pieces