Grashopper merupakan salah satu tambahan fitur yang berada dalam software CAD rhinoceros versi 6, pada versi sebelumnya penambahan grashopper pada rhinoceros dilakukan dengan cara berbayar. Kegunaan grashopper yaitu untuk mendesain parametrik pada objek. Paramterik merupakan salah satu cara untuk mendapatkan sebuah bentuk desain. Penggunaan parametrik dilakukan oleh berbagai desainer dan oleh para arsitektur, dalam penggunaannya parametrik mengeksplorasi garis dan bentuk baik dalam membuat sebuah desain objek produk hingga sebuah bangunan. Perbedaan penggunaan cari cara konvesional dengan menggunakan rhinoceros dan grashopper yaitu berbeda dalam pembuatan garis dan objek, apabila didalam rhinoceros hanya perlu memilih icon lalu muncul objek, sedangkan dalam grashopper setelah memilih icon kita harus menambahkan perintah slider atau penggeser untuk merubah ukuran objek tersebut.

Gambar 1. (kiri) memilih perintah yang akan digunakan, (kanan) menekan titik awal hingga ke bagian akhir.

Gambar 2. (kiri) memilih perintah yang akan digunakan, (kanan) menambahkan kolom slider dan menghubungkan kolom slider pada kolom perintah yang akan digunakan untuk merubah ukuran dari objek.

Apabila kita menggunakan pertama kali akan terasa sulit untuk menggunakanannya, akan tetapi apabila telah terbiasa menggunakannya akan mendapatkan hasil yang mungkin sulit dikejar oleh software CAD yang lain. Penggunaan grashopper sebenarnya bisa dikejar dengan software rhinoceros, akan tetapi kesulitan yang didapatkan akan berkali-kali lipat. Untuk saat ini sudah banyak gedung yang didirikan dengan menggunakan cara parametrik, diantaranya adalah:

Gambar 3. Beijing National Aquatics Center.

Gambar 4. Burnham Pavilion Chicago.

-Riono Aulia Abdullah-