NFT (Non-Fungible Token) yang sedang ramai diperbincangkan di Indonesia disebabkan adanya sebuah karya dari akun Ghozali Everyday pada opensea.io yang berharga hingga miliaran, apabila ditinjau kembali karya terbut adalah sebuah swafoto dirinya selamat bertahun-tahun yang dibeli dan ditenarkan oleh Arnold Poernomo yang kita kenal sebagai juru masak. Apabila masih awam dalam NFT bisa dilihat disalah satunya dalam web opensea.com, didalam halaman web tersebut banyak sekali karya visual yang di hargai dengan mata uang kripto dengan harga yang bermacam-macam. Bagaimana cara kerja NFT agar mendapatkan keuntungan? Yaitu dengan membeli salah satu karya dari artis yang nantinya akan dikurator oleh professional dan menjadi terkenal, dititik sebelum terkenal itulah kita dapat membelinya, akan tetapi tidak semua karya dapat dikurator, mungkin cara paling cepat agar karya kita mendapatkan harga tinggi yaitu dengan cara dibeli oleh seseorang yang telah mempunyai nama terkenal, seperti yang telah terjadi pada akun Ghozali Everyday.

Mempunyai NFT memang mudah, tapi adanya keuntungan dari hasil NFT yang kita beli pun sangat diharapkan, salah satunya yaitu dengan menampilkannya pada sebuah galeri. Galeri yang dimaksud seperti dalam ruangan nyata untuk mempertunjukan hasil karya, akan tetapi yang dimaksud disini adalah dalam dunia digital. Oncyber.io adalah salah satu penyedia jasa untuk membuka galeri sendiri seperti contoh-contoh dibawah ini:

Adanya web yang di dalamnya terdapat galeri untuk karya kita menjadi salah satu penunjang agar karya NFT yang telah dibeli oleh kita bisa dibeli lagi oleh orang lain dengan harga yang telah kita tentukan dan mendapatkan keuntungan. Dalam web tersebut masih banyak sekali kekurangannya, selain desain dari galerinya yang kurang banyak dan memadai, kita tidak bisa menambahkan desain galeri kita sendiri, meskipun ada galeri yang bagus dan jarang dimiliki oleh orang lain akan tetapi harga yang dipatok untuk sebuah galeri terbilang mahal. Mungkin saja nanti diharapkan mempunyai galeri tersendiri unuk menenmatkan karya-karya yang dimiliki oleh kita dengan desain-desain yang dihasilkan oleh mahasiswa desain interior, dan mungkin saja terjadi galeri yang dibuat itu menjadi sebuah NFT untuk memajukan dunia desain dalam ranah metaverse yang sedang berkembang.

Penulis: Riono Aulia Abdullah, Desain Interior Binus @Bandung