Charles-Édouard Jeanneret atau Le Corbusier (1887-1965) adalah salah satu pionir Modernisme di dunia arsitektur, seni, dan desain. Beliau juga berperan dalam mengembangkan konsep dan perencanaan tata kota yang mulai berubah pasca Perang Dunia I dan II, dimana urbanisme dan peningkatan kepadatan penduduk terjadi secara pesat. Salah satu hal yang disoroti adalah bagaimana arsitek dapat menyediakan hunian yang dapat diproduksi secara massal tanpa meninggalkan sensibilitas estetika modern (Engineer-Architect’s Aesthetics).

Louis-Catherine adalah kapal pengangkut batu bara yang direnovasi oleh Le Corbusier pada tahun 1929 untuk menjadi tempat penampungan tunawisma kota Paris, Perancis. Kapal ini memiliki ukuran panjang 70 meter dan lebar 10 meter, dengan kapasitas sekitar 160-200 tempat tidur yang dibagi dalam tiga ruang, ditambah ruang makan, kamar mandi dengan shower, dan taman gantung di bagian atas kapal. Kapal ini kemudian terbengkalai pada 1994 sebelum akhirnya tenggelam ketika sungai Seine mengalami banjir pada tahun 2018 silam.

Gambar 1. Interior Kapal Louis-Catherine

Gambar 2. Maket 1:200 Kapal Louis Catherine pada Pameran Pro Forma

Dimasa kini, adaptive reuse pada bekas moda transportasi air juga salah satunya dilakukan di Belanda oleh Studio Komma dan Studio Kees Marcelis bersama arsitek lansekap Buro Poelmans Reesink pada 2018. Proyek yang dinamai Marine-doc Estates ini menggunakan Kempenaar, kapal kargo bekas milik Belanda yang dialihfungsikan menjadi ruang-ruang untuk tempat tinggal. Penggunaan kapal kargo juga menyiratkan kesan industrial dan sejarah kemaritiman negeri tersebut yang dipadu padankan dengan sensibilitas kontemporer.

Gambar 3. Marine-doc Estates

REFERENSI

Corbusier, Le. (1986): Towards A New Architecture. New York: Dover Publications, Inc.

Ella Comberg. “Studio Komma Will Transform Former Dutch Cargo Ships Into Sustainable Homes” 20 Juli 2018. ArchDaily. (https://www.archdaily.com/898318/studio-komma-will-transform-former-dutch-cargo-ships-into-sustainable-homes)

Ethan Tucker. “An In-Depth Look at the Le Corbusier-Designed Barge Which Sank Last Month” 14 Maret 2018. ArchDaily. (https://www.archdaily.com/890725/an-in-depth-look-at-the-le-corbusier-designed-barge-which-sank-last-month)

Katalog Pameran Pro Forma Le Corbusier. Oktober 2022.