PERAMALAN TREN INDUSTRI DESAIN INTERIOR DI INDONESIA

Seperti halnya dunia fashion, desain interior juga mengalami pembalikan tren setiap tahunnya. Tren umumnya muncul seiring dengan perkembangan budaya yang terjadi di masyarakat. Budaya yang berkembang di suatu wilayah, terutama sistem pengetahuan, peralatan perumahan dan teknologi yang berkembang di masyarakat, akan menjadi tren baru di wilayah tersebut.

Tema singularitas terkait dengan citra perubahan zaman, yakni situasi yang menunjukkan berbagai perubahan dan sikap teknologi  yang mengiringinya, serta citra masa depan yang belum tersentuh. Konsep singularitas memiliki unsur pertanyaan, kepedulian, optimisme, dan harapan tentang apa yang akan terjadi di masa depan.

Berikut Prediksi Trend Forecasting 2022-2023 dalam Desain Interior:

A. Svarga

Inspirasi dan teknik kriya yang sangat kreatif sehingga diterapkan dalam desain interior masa kini, baik  berupa  pelapis dinding, furnitur, wallpaper maupun aksesoris. Dengan warna-warna natural yang terkesan mistis, dipadukan dengan material alam lainnya, seperti furniture, semuanya bisa menciptakan suasana  yang  natural, etnik, kaya detail dan elegan.

Gambar 3: Svarga

B. Exuberant

Pengulangan garis teratur dan putus-putus menciptakan keindahan yang tenang dan merupakan angin segar dalam desain. Bahannya transparan dengan sedikit cahaya memberikan efek futuristik yang lebih dramatis. Penerapannya bisa sebagai bentuk ambient sendiri atau  hanya pada panel dinding, di lantai atau di langit-langit ruangan. Penerapannya pada furnitur; apakah itu  meja counter, meja kopi, nakas atau dekorasi rumah; dapat menciptakan efek suasana futuristik yang sangat dramatis. Gaya urban masyarakat urban yang dinamis, fleksibel, dinamis, ramah, imut dan kreatif telah membawa pada penerapan elemen kartun pada suasana ruangan yang terlihat unik, dreamy dan goyah, hadir dengan warna-warna pop dan ceria. struktur. Gaya tersebut muncul dari perpaduan unsur Barat dan Timur; dinamika budaya dan modern. Perabotannya juga sangat plastik dan dinamis. Komposisi ilustrasi kartun dalam ruangan dapat diterapkan pada  seni  dinding, wallpaper, mural, pola karpet, dan item interior lainnya.

Gambar1. Diego Querol

C. Neo Medieval

Tema abad pertengahan akan menjadi kisah romantis bersejarah yang bernafaskan abad pertengahan tetapi mewakili sebuah  karya desain dengan latar belakang yang  sangat futuristik dan berteknologi tinggi. Penggunaan tekstur warna alami berbentuk batu alam, logam dan kulit menciptakan suasana hierarkis yang  maskulin, kuat, kuat, dan mencolok. Perabotan dan detail dalam desain interiornya besar, berat, dan kotak-kotak, tetapi terlihat elegan dan besar. Hal ini terlihat pada langit-langit dan dinding yang tinggi, dan  pada detail furniturnya.

Gambar2: Belle Époque buildings