Oleh: Ratna Amalia

Personal Branding

Personal branding merupakan persepsi pandangan publik/ orang lain terhadap seorang individu. Dirimu adalah BRAND. Mungkin terdengar aneh, tetapi yang sebenarnya adalah setiap orang pada dasarnya memiliki personal brand. Apa yang orang katakan tentang pekerjaan kita, apa kata atau kalimat yang orang pakai untuk menggambarkan diri kita, apakah negatif atau positif?

Fungsi personal branding

Pada dasarnya fungsi branding adalah sebagai pembeda. Sama halnya dengan Personal Branding, tidak ada manusia yang sama di dunia ini bahkan kembar identik sekalipun. Maka Personal Branding diperlukan agar orang lain bisa membedakan antara 1 individu dengan individu lain.Personal branding juga sangat bermanfaat untuk bahan wawancara. Baik wawancara untuk kepentingan kuliah atau kerja. Jika kita bisa memperlihatkan personal branding yang baik maka impresi yang terbentuk juga akan baik.

 

Salah satu bentuk personal branding

Sumber: https://www.behance.net/gallery/64167183/Personal-Branding-WIP
Sumber: https://www.behance.net/gallery/64167183/Personal-Branding-WIP

Desain personal branding bisa dalam media cetak atau digital. Semua media yang dipilih menyesuikan dengan karakteristik atau kebutuhan.

Proses pembuatan Visual Personal Branding

  • Mindmap
Sumber: https://www.behance.net/gallery/64204681/Self-Branding-Project-WIP
Sumber: https://www.behance.net/gallery/64204681/Self-Branding-Project-WIP
Sumber: https://www.behance.net/gallery/ 64167183/Personal-Branding-WIP
Sumber: https://www.behance.net/gallery/ 64167183/Personal-Branding-WIP

Waktu dimana kita kontempelasi. Berusaha menyadari dan mengenali diri sendiri. Mulai dari kegiatan, kesukaan, penampilan, dan lain sebagainya.

  • Moodboard
Sumber: https://www.behance.net/gallery/25648145/Consumer-Profile-Moodboard
Sumber: https://www.behance.net/gallery/25648145/Consumer-Profile-Moodboard
Sumber: https://www.threeinabox.com
Sumber: https://www.threeinabox.com

Moodboard merupakan visualisasi dari kata-kata kunci yang berasal dari mind map. Jumlah moodboard yang diuat tidak dibatasi. Bisa 1 jika sudah mewakili semua point yang dibutuhkan atau lebih dari 1 disesuaikan dengan kata-kata kunci yang dianggap penting.

  • Visual Exploration
Sumber: https://www.behance.net/gallery/64167183/Personal-Branding-WIP.
Sumber: https://www.behance.net/gallery/64167183/Personal-Branding-WIP.
Sumber: https://www.behance.net/gallery/110771507/Personal-Branding-Identity?
Sumber: https://www.behance.net/gallery/110771507/Personal-Branding-Identity?

Setelah referensi didapatkan dari moodboard maka kita sudah bisa masuk proses menggambar dengan teknik manual maupun digital. Mengembangkan ide-ide dari visual yang kita lihat sebelumnya dengan kemampuan gambar yang kita punya.

  • Layout
Sumber: https://www.blog.lignes-formations.com/
Sumber: https://www.blog.lignes-formations.com/
Sumber: http://designbeep.com/2012/05/17/33
Sumber: http://designbeep.com/2012/05/17/33

Setelah sketsa objek-objek yang dibutuhkan maka proses berikutnya adalah menentukan layout yang sesuai dengan media yang dipilih. Desain rencana layout dibutuhkan karena setiap media memiliki ukuran berbeda-beda. Apakah yang dibutuhkan adalah layout untuk kertas ukuran A3 atau web yang ukuran 1920×1080 pixel.

  • Final Artwork
Sumber:https://www.behance.net/gallery/Personal-Branding-Portfolio?
Sumber:https://www.behance.net/gallery/Personal-Branding-Portfolio?
https://www.behance.net/gallery/96608107/Jen-110771507/Personal-Branding-Identity?
https://www.behance.net/gallery/96608107/Jen-110771507/Personal-Branding-Identity?

Desain objek-objek sudah sudah ada, layout sudah siap. Maka saatnya menyatukan semua konten menjadi sebuah Final Artwork. Jangan lupa selalu memperhatikan setiap detail yang ada sehingga desain yang dihasilkan sesuai dengan rencana atau bahkan jauh lebih baik dari ekspektasi sebelumnya.

 

Referensi: