Mahasiswa BINUS University Bandung kembali menorehkan prestasi. Mahasiswa dari jurusan computer science bernama Maria Auleria, Joshua Wenata Sunarto, dan Heryan Djaruma berhasil memperoleh juara 1 Hackathon SoCS 2022 kategori lomba Software Development sedangkan pada kategori lomba artificial intelligence memperoleh juara 3 oleh Abid Rakhmansyah dan juga Jonathan Audris Heriyanto yang diumumkan pada Sabtu 5 November 2022. Hackathon SoCS 2022 merupakan lomba yang dilakukkan yang dilaksanakan oleh school of computer science dalam rangka melatih internal SoCS untuk bangkit untuk membangun Indonesia di tengah situasi pandemi yang telah mereda dan aktivitas kembali menuju normal.

Pada lomba software development dari setiap peserta akan melakukan presentasi di depan para juri untuk memperlihatkan hasil aplikasi yang mereka buat untuk membangun dan membantu masyarakat. Perwakilan tim Bandung membawakan tema aplikasi yang dapat membantu para pemilik UMKM. Tim Bandung juga telah melakukan wawancara secara langsung dan melakukan validasi ide mereka agar dapat membuat aplikasi yang lebih tepat sasaran. Sehingga menjadi suatu poin lebih saat presentasi di depan para juri.

Selain itu pada lomba kategori artificial intelligence tidak ada dilakukan sesi tanya jawab karena penilaian dilakukan dengan menggunakan website Kaggle untuk melakukan penilaian klasifikasi gambar. Untuk klasifikasi gambar yang dilakukan dalam perlombaan ini adalah klasifikasi ruangan indoor seperti bandara dan stasiun kereta api. Tim Bandung dapat memperoleh juara 3 pada perlombaan ini dengan menggunakan Resnet18 karena di dalamnya sudah ada penggunaan model pretrained dengan data gambar indoor juga. Karena waktu pengerjaan hanya dibatasi selama 2 jam sehingga penggunaan model pre-trained mempermudah dan mempercepat model klasifikasi indoor.

Tim Software Development dan Artificial Intelligence dari Bandung tentu saja mempersiapkan ini dari jauh-jauh hari seperti tim Software Development yang harus mengubah secara total tampilan dari aplikasi mereka sedangkan dari tim Artificial Intelligence juga harus mempelajari model AI yang belum pernah ia pelajari sebelumnya dan juga berhasil memperoleh juara. Sehingga pesan dari teman-teman mahasiswa dari BINUS Bandung ini kepada teman-teman lainnya untuk dapat ingin terus mencoba untuk ikut lomba dan memberikan yang terbaik. Semoga dengan adanya acara ini mahasiswa BINUS dapat terus berkarya dan berkontribusi dengan segala hal positif.

 

 

Penulis: Budi Juarto