Pada tanggal 20 Oktober, 22 orang mahasiswa BINUS Bandung yang terdiri atas BINUSIAN 2025 dan BINUSIAN  2026 dari jurusan Computer Science dan BINUSIAN 2025 dan BINUSIAN 2024 dari Jurusan Design Communication Visual mengunjungi Apple Developer Academy Binus yang berlokasi di Jl. Grand Boulevard, BSD Green Office Park 9. Antusias mahasiswa BINUS Bandung untuk dapat mengunjungi Apple Developer Academy ini sangat besar. Dari 60 pendaftar untuk melakukan office visit harus dipilih 22 orang Mahasiswa yang dapat mengunjungi kantor Apple Developer Academy karena seats yang available juga terbatas. Melalui sistem First Come First Served dalam 15 menit sudah terpilih Mahasiswa yang berangkat ke Apple Developer Academy dari yang mengisi form pendaftaran duluan.

Acara dibuka di Apple Developer Academy pada jam 11 siang setelah para mahasiswa menempuh waktu perjalanan selama 3 jam 30 menit. Meskipun begitu para Mahasiswa BINUS tetap antusias untuk mengikuti kegiatan ini setelah sampai di kantor Apple Developer Academy. Acara Welcoming ini dimulai dengan pengenalan secara singkat mengenai program Apple Developer Academy, sejarah pendirian Apple Developer Academy di seluruh dunia., dan juga di Indonesia. Presentasi juga memberikan hasil karya lulusan mahasiswa BINUS yang melaksanakan program Enrichment di Apple Developer Academy yaitu bernama PetaNetra. Bagi orang Indonesia yang tunanetra atau memiliki masalah penglihatan, PetaNetra adalah “panduan jalan” yang memungkinkan mereka untuk secara mandiri menavigasi ruang publik seperti stasiun MRT. Cukup memegang iPhone memungkinkan pengguna untuk mengenali dan mengikuti jalur yang direkam. Tanpa memerlukan peta dalam ruangan atau penanda lainnya, teknologi terobosan ini menggunakan Augmented Reality (AR) dan analisis gambar untuk membangun jalur menggunakan iPad. Orang tua dari desainer UI/UX Graciela Gabirelle Angeline, yang buta sejak usia dini, menjadi inspirasi bagi tim PetaNetra.

Pada saat sesi tanya jawab para mahasiswa sangat antusias dengan bertanya berbagai macam hal seperti salah satu syarat terpenting seseorang untuk dapat lulus untuk bergabung ke dalam Apple Developer Academy. Hal tersebut adalah kreativitas karena ketika sudah bergabung ke Apple Developer Academy setiap partisipan tidak akan seperti peserta magang pada umumnya yang diberikan tugas atau problem secara jelas. Di sini para peserta Apple Developer Academy dituntut untuk dapat kreatif sehingga dapat membuat start-up seperti menggenerate ide dari masalah di sekitarnya hingga membangun solusi atas permasalahan tersebut.

Setelah selesai semua rangkaian acara para mahasiswa berkesempatan untuk berkeliling di sekitar Apple Developer Academy untuk melihat fasilitas yang ada di sana. Kemudian acara ini ditutup dengan acara foto bersama. Semoga dengan adanya kunjungan ini para mahasiswa menjadi minat untuk mempertimbangkan Apple Developer Academy menjadi tempat Enrichment nanti dan juga menyebarkan informasi ini kepada teman-teman kuliahnya.

Gambar 1. Dokumentasi di Apple Developer Academy