Oleh Ratna Amalia

Dalam esensi sebuah brand sebaiknya memiliki beberapa karakteristik, diantaranya adalah:

  1. Unik: esensi merek harus unik atau bisa juga berkesan eksklusif agar membantu merek menonjol dari pesaingnya. Esensi brand membantu merek menciptakan identitasnya sendiri di pasar.
  2. Tidak berwujud: Brand essencebukanlah properti berwujud seperti harga dan fitur produk tetapi rasa yg dialami manusia/konsumen.
  3. Didefinisi pelanggan: Esensi merek ditentukan oleh pelanggan. Tugas perusahaan hanya membuat mereka melihat ke arah tertentu.
  4. Memiliki nilai: esensi yang tidak memiliki nilai sama dengan tidak memiliki esensi. Esensi merek mewakili apa yang ditawarkan perusahaan dan prinsipnya.
  5. Konsisten: Brand essencekonsisten dalam setiap interaksi merek dengan pelanggan.
  6. Berkelanjutan: Esensi brand tidak terkait dengan hal-hal berwujud seperti nama atau logo yang dapat diubah seiring waktu. Itu konstan, tangguh, dan berkelanjutan. Perasan itu yang harus terus menempel pada konsumen bahkan jika nama merek berubah.
  7. Skalabel: Brand essencetidak dapat diubah bukan berarti tidak tumbuh dan berkembang. Esensi brand bisa berkembang dan menambah kedalaman pada dirinya sendiri ketika bisnis tumbuh.

Contoh brand essence:

BMW – Driving Pleasure

Brand essence BMW inilah yang membedakan perusahaan dengan pemain segmen mobil mewah lainnya. Perusahaan melihat desain sebagai alasan pembelian terpenting bagi pelanggannya.

Oleh karena itu, memastikan bahwa mereka melihat BMW sebagai merek yang berfokus pada desain elegan dan memberikan kenikmatan berkendara sesungguhnya yang harus diberikan oleh sebuah mobil mewah. Bisa dilihat dari beberapa contoh desain berikut ini:

 

 

Beberapa desain mobil BMW

Sumber:  https://www.bmw.co.id/en/all-models/bmw-i/i4/2021/bmw-i4-highlights.html

Coca-Cola – Sharing And Happiness

Coca-Cola selalu memposisikan dirinya untuk menjadi bagian dari pengalaman yang membahagiakan. Sementara orang lain mencoba memusatkan diri pada penyegaran dan kepuasan, inti dari merek Coca-Cola adalah menjadi bagian dari pengalaman.

 

 

Beberapa adegan dalam iklan Coca Cola Sharing And Happiness

Sumber: https://www.google.co.id/search?q=coca+cola+sharing+happiness&source=lmns&bih=756&biw=1104&client=safari&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiml5fZgtD7AhXAitgFHTHgAw0Q_AUoAHoECAEQAA#fpstate=ive&vld=cid:72cc0789,vid:_VMDaqjN0WI

Apple – Think Different

Esensi merek Apple adalah kesederhanaan.

Perusahaan berpikir secara berbeda untuk membuat hidup konsumen menjadi lebih mudah dengan membuat mereka memilki akses ke teknologi terkini.

Deskripsi sederhana tentang apa yang dirasakan pelanggan setiap kali berinteraksi dengan Apple adalah perusahaan ini memastikan bahwa saya mendapatkan akses ke teknologi terbaru dengan membuatnya mudah digunakan.

Beberapa produk Apple

Sumber: https://www.apple.com/id/

Referensi

https://u.group/thinking/brand-essence-your-brands-north-star/

https://accurate.id/marketing-manajemen/esensi-merek/

https://www.searchenginejournal.com/content-brainstorming-techniques/246941/

https://www.pngegg.com/id/png-wpycs