Microsoft Windows adalah sistem operasi pada komputer yang diciptakan dan di kembangkan oleh Microsoft Cooperation pada tahun 1975. Pertama kali windows diluncurkan 1 November

1985 yang dipelopori oleh Bill Gates yaitu founder Microsoft. Pada saat itu OS MS-Windows menyediakan   environment  berbasis  GUI  (  Graphical  User  Interface)  versi  16-bit  dan kemampuan multitasking. Dengan ciri khas windows 1 adalah yang bergantung dengan penggunaan mouse.

Pada tahun 1983 Microsoft memperkenalkan Grapichal Environment 1.0 dan pada tahun yang sama  Microsoft  meluncurkan  MS-DOS  versi  2.0  pada  komputer  PC  XT.  lalu pada tahun berikutnya 1984 meluncurkan versi terbaru dari MS-DOS yaitu versi 3.0 pada versi ini sudah mulai mendukung menggunakan Hard Disk lebih dari 10mb. Tidak lama kemudia pada versi 3.1 sudah mendukung jaringan atau Networking. MS-DOS versi 3.2 dirilis pada tahun 1986 yang dimana  versi  ini  menambahkan  dukungan  untuk  floppy  3.5  inch 720kb. Lalu pada tahun berikutnya microsoft kembali meluncurkan MS-DOS versi 3.3. Pada tahun yang sama microsoft juga memperkenalkan Windows versi 2,0. Setahun berikutnya Microsoft berhasil mengembangkannya menjadi berbasis grafis.

Pada tahun 1990 Microsoft lebih memfokuskan diri pada pengembanga Windows yang dimana diluncurkannya  Windows versi 3.0 dengan berlangsungnya diluncurkan Windows 3.0 Microsoft disambunt  dengan  baik.  Pada  versi  ini  Microsoft  membuat  sebuah  bundle  aplikasi untuk perkantoran seperti Word, Excel, dan PowerPoint) dimana Microsoft mempunyai tujuan untuk menyingkirkan saingannya seperti Lotus 123, Wordstar, Word Perfect, dan juga Quattro. Pada versi 3.0 ini Windows juga dapat berhasil menyaingi Macinstosh milik Apple dan Commodore Amiga. Windows 3.0 mempunyai kemampuan untuk menjalankan MS-DOS, yang juga dapat mensupport 256 warna sehingga interface terlihat lebih berwarna dan juga terdapat permainan kartu solaitaire yang merupakan salah satu inovasi juga dalam Windows 3.0.

pada tahun 1992 Microsoft meluncurkan versi yang berbeda yaitu versi 3.1 yang dimana diperkenalkannya ciri khas utama dengan adanya font TrueType lalu terdapat juga permainan Minesweeper yang dapat bisa dimainkan dengan Windows 3.1 dengan spesfikasi RAM sebesar

1 MB. Versi 3.1 ini merupakan windows pertama yang pendistribusiannya melalui CD-ROM.

Di   tahun   1995   Microsoft   mengeluarkan   Windows   95   yang   dimana   Windows   ini diperkenalkannya tombol start dan juga menu start, yang sampai saat ini masi terletak pada pojok kiri bawah layar. Windows 95 juga memperkenalkan 32-bit yang dimana dapat melakukan multitasking, selain itu dibekali juga fitur taskbar dimana user dipermudah dalam penggunannya mengoperasikan OS pada versi ini. Bagi Windows 95 MS-DOS masih memiliki peran penting.

yang dimana dibutuhkan untuk menjalankan berbagai program. Versi Windows ini juga mulai dikenalkannya Internet Explorer.

Microsoft merilis versi terbaru dari windows vista yaitu Windows 7 yang diluncurkan pada tahun

  1. Windows 7 ini meningkatkan kemaanan dan memiliki fitur yang baru, diantaranya jump list, taskbar,internet Explorer 8, dll.

Lalu  pada  tahun  2012  Microsoft  merilis  windows  8 yang memiliki perubahaan pada user interface yang layarnya dapat di sentuh oleh selain mouse dan keyboard. Sistem operasi windows 8 menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional hasil INTEL dan AMD. lalu pada tahun 2015 Windows 10 diluncurkan. Pada windows 10 bertujuan untuk mengatasi kekurangan pada user interface windows 8 dengan menambahkan mekanik tambahan untuk meningkatkan experience dari pengguna.

Lalu pada tahun 2021 mulai diperkenalkannya Windows 11 yang dimana ini adalah rilis utama dari sistem operasi Windows NT yang dikembangkan oleh Microsoft. Sistem operasi ini menjadi penerus dari Windows 10. Windows 11 merupakan sistem operasi regenerasi dari Windows 10X untuk  perangkat  model  lipat  namun  dibatalkan  dengan  alasan  tidak akan populer seperti Windows 10. Dalam Windows 11 ini menampilkan sebuah perubahan yang besar pada shell Windows yang dipengaruhi oleh Windows 10X yang telah dibatalkan, termasuk menu start yang di desain ulang, penggantian “live tiles” dengan panel “widget” terpisah pada taskbar, lalu kemampuan untuk membuat ubin jendela yang dapat diminimalkan dan dipulihkan dari taskbar sebagai grup, dan juga diwarisi teknologi game dari XBOX Series X dan Series S seperti Auto HDR dan DirectStorage pada perangkat keras yang kompatible, lalu pada Internet explorer ini telah digantikan oleh Microsoft Edge yang dimana sebagai web browser default, setelah itu terdapat Microsoft Teams yang terintegrasi ke dalam shell Windows. Microsoft mempunyai rencana untuk memungkinkan lebih banyak fleksibilitas dalam perangkat lunak yang dapat didistribusikan melalui Microsoft store, dan juga untuk mendukung aplikasi Android di Windows

11.

Reference:

https://dosen.gufron.com/artikel/pengenalan-sistem-operasi-microsoft-windows/12/ https://www.perangkatkasir.co.id/blog/pengertian-windows-10/ https://id.wikipedia.org/wiki/Windows_11#:~:text=Windows%2011%20(nama%20kode%3A%20S un,resmi%20pada%205%20Oktober%202021.

https://idcloudhost.com/panduan-windows-definisi-fungsi-dan-sejarahnya/#Sejarah_Windows