PKM Riset Sosial Humaniora merupakan salah satu jenis Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang berfokus pada mengkritisi fenomena sosial humaniora yang ada di masyarakat. PKM-RSH menitikberatkan pada unsur kreativitas dan inovasi yang bermanfaat dan berguna dalam memberikan jawaban atas permasalahan yang diangkat dengan gabungan antara bidang sosial dan humaniora yang memiliki objek riset pada fenomena sosial dan perilaku manusia yang dapat ditemui dalam kehidupan bermasyarakat Sebagai contoh riset yang dilakukan adalah fenomena sosial interaksi dalam kehidupan bermasyarakat seperti bidang ekonomi, psikologi, sosial, pendidikan, manajemen dan politik. Bidang humaniora lebih berfokus pada aspek dasar perilaku dalam kehidupan 3 masyarakat, seperti perkembangan budaya, seni, filsafat, adat istiadat, sejarah, kepercayaan atau agama, hukum dan nilai-nilai. Penggabungan antara sosial dan humaniora menggunakan paradigma penelitian berupa hubungan sebab-akibat, deskriptif konklusif, fenomenologi, hermeneutik, pascakolonial, positivistik, historis, struktural, pengembangan, dan sebagainya sesuai dengan bidang ilmu masing-masing.

Beberapa karakteristik jenis riset sosial humaniora dapat dilihat melalui Tabel 1.

Tabel 1. Contoh Ruang Lingkup Bidang Kajian PKM-RE

No Jenis Riset Karakteristik Contoh Bidang Aplikasi
1 Riset Sosial Objek riset menitikberatkan pada fenomena sosial interaksi dalam kehidupan bermasyarakat ekonomi, psikologi, sosial, pendidikan, manajemen, politik, dan sebagainya
2 Riset Humaniora Objek riset berfokus pada aspek dasar perilaku dalam kehidupan masyarakat. Ilmu budaya, seni, filsafat, adat istiadat, sejarah, kepercayaan (agama), hukum dan nilai-nilai.

 

 

               Akan tetapi seluruh anggota tidak wajib dari jurusan di atas sehingga dapat menerapkan kelompok ilmu multidisiplin. Lebih lanjut, mahasiswa yang berasal dari bidang ilmu multidisiplin, seperti perencanaan wilayah, arsitektur, pertanian dalam arti luas, kesehatan masyarakat, dan lain-lain, dapat melakukan penelitian pada golongan PKM-RSH, dengan topik penelitian yang sesuai dengan ilmu multidisiplin yang ditekuni.
Penelitian PKM RSH dapat menggunakan data penelitian yang  diperoleh dari data primer dan sekunder. Data primer dapat diperoleh dari responden, partisipan, narasumber,  artefak, masyarakat (memori kolektif, mitos, cerita rakyat, norma, dan sebagainya), dengan  menggunakan teknik kuesioner atau survei, wawancara, pengamatan atau observasi, partisipatif  aktif, dan eksperimen. Sedangkan data sekunder dapat bersumber dari arsip, kepustakaan,  laporan (data dari BPS, perusahaan, dan sebagainya), data digital (sosial media atau big data),  dan Undang-undang atau peraturan tertulis.

Pengumpulan data dapat dilakukan baik secara daring ataupun luring, seperti pelaksanaan survei dapat menggunakan instrumen kuesioner secara tatap muka atau dengan menggunakan aplikasi survei digital. Begitu pula dengan wawancara, dapat dilakukan secara langsung tatap muka atau luring yaitu menggunakan media komunikasi digital atau daring. Pelaksanaan riset secara luring harus memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

               Keuntungan dari PKM jenis ini adalah adanya total pendanaan sebesar 7 juta rupiah dan merupakan salah satu implementasi Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) dan upaya mendukung pencapaian indikator kinerja utama (IKU) perguruan tinggi. Sehingga dapat dikonversikan menjadi sks mahasiswa beserta nilainya. Bagi yang lolos pendanaan dan memilki progress yang baik maka dapat masuk ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang merupakan kegiatan puncak pertemuan nasional perwujudan kreativitas dan penalaran ilmiah mahasiswa yang terjadwal secara akademik oleh perguruan tinggi dalam meningkatkan budaya kompetisi akademik dan unjuk prestasi di kalangan mahasiswa yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi berdasarkan kesepakatan pimpinan perguruan tinggi yang disetujui oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (d/h Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat).

               PKM yang lolos setiap tahunnya sangat bervariasi dari judulnya akan tetapi tidak dapat melihat isi dari PKM yang telah lolos pendanaan maupun PIMNAS karena tidak dilakukan publikasi. Beberapa judul PKM RSH yang lolos, antara lain :

  1. Pengaruh Euforia Youtubers dan Selebgram Terhadap Orientasi Karir dan Pemilihan Program Studi
  2. Analisis Tingkat Pemahaman Keamanan Digital dalam Berinternet di Kalangan Pelajar di Surakarta
  3. MINAT DAN MOTIVASI MASYARAKAT SURAKARTA TERHADAP PENGGUNAAN ADAT PENGANTIN JAWA KAJIAN PRESPEKTIF DALAM PELESTARIAN BUDAYA NUSANTARA
  4. Aplikasi “CAKAP” (Cerdas, Cermat dan Tepat) Solusi Pengganti Ulangan Harian yang Menyenangkan dan Efektif
  5. Pola Persuasi dalam Marketplace “Shopee” untuk Menarik Atensi Pembeli

Judul PKM RSH sebagian besar berhubungan dengan masyarakat secara umum. Pada PKM jenis ini mahasiswa dapat berperan dalam analisa kuesioner seperti uji statistik dari kuesioner, pembuatan website atau platform untuk mengambil data dari responden masyarakat. Selain itu data bersifat kualitatif dapat diskalakan juga dengan pendekatan fuzzy logic. Sekian dari penjelasan singkat dari PKM Riset Sosial Humaniora.

Referensi:

https://simbelmawa.kemdikbud.go.id/portal/pengumuman/