PKM Riset Eksakta merupakan salah satu jenis Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang berfokus pada fenomena ilmiah yang ada. Biasanya PKM jenis ini dikaitkan dengan hukum-hukum fisika, kimia, dan biologi. Sebagai contoh riset yang dilakukan adalah hubungan sebab-akibat, aksi-reaksi, rancang bangun, eksplorasi, materi alternatif, desain produk atraktif, blue print, dan sejenisnya atau identifikasi senyawa kimia aktif. Sehingga beberapa jurusan yang direkomendasikan untuk mengikuti PKM jenis ini adalah bidang kedokteran, kesehatan, farmasi, pertanian, teknologi, ilmu dasar, matematika dan material science serta kebumian. Tabel 1 merupakan Contoh Ruang Lingkup Bidang Kajian PKM-RE.

Tabel 1. Contoh Ruang Lingkup Bidang Kajian PKM-RE

No Kluster Bidang Ilmu
1 Kesehatan Kedokteran, Kedokteran Gigi, Farmasi, Kesehatan Masyarakat,
2 MIPA Keperawatan, Psikologi, dst
3 Agro Matematika, Fisika, Kimia, Ilmu Komputer, Geografi, Biologi,
4 Teknik Material Science, dst

Akan tetapi seluruh anggota tidak wajib dari jurusan di atas sehingga dapat menerapkan kelompok ilmu multidisiplin. Sesuai dengan makna khusus dari PKM ini yaitu Inovatif dalam menemukan suatu kebaruan atas suatu fenomena atau membuktikan suatu hipotesis baik pada satu disiplin ilmu maupun multidisiplin sehingga menghasilkan sumbangsih berupa informasi yang baru maupun inovasi baru bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi persoalan yang ada di masyarakat. Sehingga tujuan PKM ini adalah Menumbuhkan minat dan kemampuan riset, pemahaman metode riset dan cara analisis data, menghasilkan riset berkualitas dan berpotensi untuk dipublikasikan di jurnal ilmiah dan dimungkinkan untuk menghasilkan paten yang bermanfaat baik bagi masyarakat akademik maupun masyarakat luas.

Keuntungan dari PKM jenis ini adalah adanya total pendanaan sebesar 7 juta rupiah dan merupakan salah satu implementasi Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) dan upaya mendukung pencapaian indikator kinerja utama (IKU) perguruan tinggi. Sehingga dapat dikonversikan menjadi sks mahasiswa beserta nilainya. Bagi yang lolos pendanaan dan memilki progress yang baik maka dapat masuk ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang merupakan kegiatan puncak pertemuan nasional perwujudan kreativitas dan penalaran ilmiah mahasiswa yang terjadwal secara akademik oleh perguruan tinggi dalam meningkatkan budaya kompetisi akademik dan unjuk prestasi di kalangan mahasiswa yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi berdasarkan kesepakatan pimpinan perguruan tinggi yang disetujui oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (d/h Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat).

PKM yang lolos setiap tahunnya sangat bervariasi dari judulnya akan tetapi tidak dapat melihat isi dari PKM yang telah lolos pendanaan maupun PIMNAS karena tidak dilakukan publikasi. Beberapa judul PKM RE yang lolos, antara lain :

1. Pengembangan Sediaan Buccal Film dengan Metode Nanopartikel Ekstrak Daun Iler Sebagai Penurun Gula Darah pada Mencit Putih Jantan
  2. Optimalisasi Parameter Pengelasan TIG Menggunakan Material Mild Steel (SPCC-SD) Beda Ketebalan Material
  3. Identifikasi Kandungan Mikroplastik pada Air Hasil Olahan di Instalasi Kamijoro Perusahaan Umum Daerah Air Minum Kabupaten Bantul
  4. Pengaruh Pemberian Tepung Kulit Bawang Merah sebagai antioksidan terhadap kualitas pellet ruminansia
  5. Kinetika Adsorpsi Ion Timbal Menggunakan Graphen Okside Termodifikasi Cangkang Kerang

Beberapa judul masih didominasi oleh beberapa jurusan seperti kimia, biologi, dan fisika karena tema dari PKM ini adalah menerapkan dari hukum-hukum dari bidang tersebut. Mahasiswa Computer Science dapat berperan dalam pembuatan program seperti simulasi matematis. Atau permodalan fisik dari reaksi kimia, fisika, dan biologi sebelum diimplementasi. Kemudian dari model dapat dibandingkan dengan sistem nyata. Sekian dari penjelasan singkat dari PKM Riset Eksakta.

Refernesi: