PKM Kewirausahaan merupakan salah satu jenis Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang berfokus pada menciptakan aktivitas usaha dimana memiliki kesempatan yang luas untuk meningkatkan kompetensinya dalam berkreasi dan berinovasi menciptakan produk baru, juga meningkatkan wawasan dan pengalamannya dalam berwirausaha. Mahasiswa di sini dapat bebas memilih jenis wirausaha yang akan dilakukan. Pada PKM K membagi jenis usaha ke dalam dua jenis yaitu produk barang atau produk usaha seperti yang ditunjukkan oleh Gambar 1. PKM-K tidak semata-mata berorientasi pada perolehan laba (profit), akan tetapi lebih mengutamakan pada kemanfaatan dan kreativitas produk berbasis iptek serta kualitas pelaksanaan usahanya.

Gambar 1. Jenis komoditas PKM-K

Analisis kebutuhan pasar dari PKM K dapat menggunakan data sekunder atau data primer yang diperoleh dari survei. Kegiatan survei boleh memanfaatkan Google form, wawancara melalui media elektronik tanpa melakukan kontak fisik, wawancara secara langsung (fisik) dengan memperhatikan protokol kesehatan, dan sejenisnya. Komoditas atau produk usaha PKM-K diwujudkan dalam bentuk fisik atau produk jadi dan dalam pembuatan produk maupun penjualan boleh bekerjasama dengan pihak ketiga (mitra). Desain/konsep produk atau strategi pemasaran tetap harus dibuat sendiri oleh tim mahasiswa.

Ketika menjalankan PKM K ini maka harus didokumentasikan dalam catatan harian. Uraikan kegiatan pada catatan harian juga harus diunggah ke SIMBelmawa. Laporan kemajuan dan laporan akhir yang dibuat harus merujuk pada catatan harian. Selama pelaksanaan secara luring adalah aktivitas dalam program PKM-K yang dilakukan secara kontak fisik langsung, terjadi pertemuan beberapa orang dan berinteraksi langsung dalam pengerjaan program PKM dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Keuntungan dari PKM jenis ini adalah adanya total pendanaan sebesar 7 juta rupiah dan merupakan salah satu implementasi Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) dan upaya mendukung pencapaian indikator kinerja utama (IKU) perguruan tinggi. Sehingga dapat dikonversikan menjadi sks mahasiswa beserta nilainya. Bagi yang lolos pendanaan dan memilki progress yang baik maka dapat masuk ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang merupakan kegiatan puncak pertemuan nasional perwujudan kreativitas dan penalaran ilmiah mahasiswa yang terjadwal secara akademik oleh perguruan tinggi dalam meningkatkan budaya kompetisi akademik dan unjuk prestasi di kalangan mahasiswa yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi berdasarkan kesepakatan pimpinan perguruan tinggi yang disetujui oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (d/h Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat).

               PKM yang lolos setiap tahunnya sangat bervariasi dari judulnya akan tetapi tidak dapat melihat isi dari PKM yang telah lolos pendanaan maupun PIMNAS karena tidak dilakukan publikasi. Beberapa judul PKM K yang lolos, antara lain :

  1. DOTINVO (Doll with Informative Education Voice) Media Edukasi Anti Rokok Guna Mewujudkan Generasi Bebas Rokok Analisis Tingkat Pemahaman Keamanan Digital dalam Berinternet di Kalangan Pelajar di Surakarta
  2. Pembuatan Undangan Digital Berbasis Animasi Untuk Menghemat Biaya Di Masa Pandemi
  3. TRASH U: Supply Chain Management Sampah Berbasis Digital
  4. Pemanfaatan Limbah Kopi Sebagai Pengharum Ruangan
  5. Pemanfaatan Limbah Tempurung Kelapa Muda (Cocos nucifera) Sebagai Inovasi Frozen Food Seblak yang Baik untuk Kesehatan

PKM biasanya tidak membatasi jurusan untuk mendaftarnya karena setiap jurusan dapat menjadi wirausahawan. Tim yang terdiri dari beberapa dan lintas jurusan akan lebih baik agar tim dapat memiliki perspektif yang luas ketika memulai bisnisnya. Bagi mahasiswa Computer Science dapat berkontribusi di bidang produk maupun jasa. Seperti software house atau seperti pada judul di atas undangan pernikahan berbasis web statis maupun dinamis. Selain itu pembuatan produk dan aplikasi juga dapat dibantu oleh mahasiswa Computer Science seperti aplikasi manajemen sampah yang pernah lolos sebelumnya. Sekian dari penjelasan singkat dari PKM Kewirausahaan.

Referensi:

https://simbelmawa.kemdikbud.go.id/portal/pengumuman/