Budi Juarto – Associate LS S2

PKM Karya Inovatif merupakan salah satu jenis Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang berfokus menumbuhkan kepekaan mahasiswa terhadap problematika faktual di masyarakat atau dunia usaha, dan sekaligus mengasah kreativitas mahasiswa untuk menghasilkan karya fungsional inovatif yang solutif berbasis iptek. Problematika di masyarakat banyak yang memerlukan solusi dalam bentuk karya teknologi nyata skala penuh (bukan prototipe) yang fungsional dan siap untuk dioperasikan. Begitu pula permasalahan yang dihadapi berbagai perusahaan kecil (UMKM) maupun perusahaan berskala yang lebih besar, seringkali membutuhkan solusi dalam bentuk perangkat teknologi spesifik yang siap dioperasionalkan, dengan berbasis teknologi tepat guna maupun teknologi tinggi dalam level tertentu.

Salah satu produk dari PKM karya inovatif adalah perangkat yang dapat membantu mengatasi masalah yang dihadapi pengguna kendaraan bermotor menghadapi kemacetan jalur lalu lintas yang biasa dilaluinya. Sebuah helm pintar yang mampu menuntun pengendara motor untuk mengambil jalan alternatif akan sangat membantu. Sementara itu contoh problem yang dihadapi perusahaan besar dapat dilihat dari kesulitan yang dihadapi petugas lapangan PLN pencatat meter listrik saat harus memasuki rumah besar yang tertutup rapat pagar halamannya. Dengan solusi karya inovatif berupa meteran listrik yang dapat dideteksi posisi meter pengukurnya secara remote, maka pekerjaan petugas PLN pencatat Kwh akan menjadi sangat mudah dilakukan.

Konsep penemuan ide produk karya inovatif
Gambar 1. Konsep penemuan ide produk karya inovatif

Gambar 1 menjelaskan prosses menemukan ide produk dari kategori karya inovatif. Perlu diingat luaran PKM-KI yang utama adalah merupakan produk skala penuh (skala 1:1), jadi bukan merupakan prototipe, yang benar-benar fungsional dan siap dioperasikan oleh masyarakat atau UKM pengguna yang ditetapkan sebagai target. Sehingga dalam memilih topik PKM-KI perlu dipertimbangkan kendala yang mungkin dihadapi dalam pelaksanaan serta kebutuhan sumber daya untuk mewujudkan produk inovatif tersebut. Walaupun ruang lingkup kegiatan PKM-KI mencakup semua bidang keilmuan, namun diusahakan agar memilih topik yang tidak terlalu terkendala pelaksanaannya oleh kondisi pandemi, karena luaran PKM-KI merupakan produk fungsional skala penuh yang harus bisa dioperasionalkan. Luaran PKM-KI tidak diperkenankan dalam bentuk prototipe, apalagi hanya dalam bentuk desain teknis saja. Untuk dapat memproduksi karya-karya inovatif dapat melihat urutan dari Gambar 2.

Bagan alir proses produksi karya inovatif PKM-KI
Gambar 2. Bagan alir proses produksi karya inovatif PKM-KI

Keuntungan dari PKM jenis ini adalah adanya total pendanaan sebesar 7 juta rupiah dan merupakan salah satu implementasi Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) dan upaya mendukung pencapaian indikator kinerja utama (IKU) perguruan tinggi. Sehingga dapat dikonversikan menjadi sks mahasiswa beserta nilainya. Bagi yang lolos pendanaan dan memilki progress yang baik maka dapat masuk ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang merupakan kegiatan puncak pertemuan nasional perwujudan kreativitas dan penalaran ilmiah mahasiswa yang terjadwal secara akademik oleh perguruan tinggi dalam meningkatkan budaya kompetisi akademik dan unjuk prestasi di kalangan mahasiswa yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi berdasarkan kesepakatan pimpinan perguruan tinggi yang disetujui oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (d/h Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat).

               PKM yang lolos setiap tahunnya sangat bervariasi dari judulnya akan tetapi tidak dapat melihat isi dari PKM yang telah lolos pendanaan maupun PIMNAS karena tidak dilakukan publikasi. Beberapa judul PKM karya inovatif yang lolos, antara lain:

  1. Platform bursa kerja dan jasa berbasis web dengan sistem lelang untuk masyarakat umum
  2. Simulasi evaluasi diri dan barang berbasis teknologi game Virtual Reality sebagai upaya mengedukasi masyarakat dalam menghadapi bencana banjir di Banjarmasin

PKM penerapan karya inovatif dapat diikuti oleh beberapa jurusan di universitas seperti jurusan computer science. Mahasiswa computer science dapat membuat aplikasi yang dapat membantu usaha atau permasalahan yang ada. Bidang yang dapat dibuat juga dapat berbagai macam seperti penerapan internet of things, aplikasi pada smartphone, ataupun pembuatan website.  Bahkan juga di simulasi games dan Virtual Reality untuk simulasi bencana alam

Referensi:

https://kemahasiswaan.ums.ac.id/pengumuman-daftar-tim-pkm-5-bidang-2021-2022-yang-lolos-seleksi-universitas/

https://arvr-lab.poliban.ac.id/2021/05/22/tim-mahasiswa-asisten-grup-riset-imgm-berhasil-lolos-pendanaan-pkm-karya-inovatif-2021/

https://simbelmawa.kemdikbud.go.id/portal/pengumuman/