Pada tanggal 8 dan 9 Oktober kemarin telah dilaksanakan The 4th International Conference on Cybernetics and Intelligent Systems (ICORIS) yang dapat dihadiri secara online ataupun offline langsung di Universitas Utama University di Medan. BINUS Bandung yang merupakan salah satu kampus yang berfokus di bidang Internet of Things mengirimkan beberapa paper hasil penelitian mereka dari hasil mata kuliah embedded system dan berhasil meloloskan beberapa kelompok mahasiswa untuk dapat mempresentasikan hasil mereka di depan para juri di conferece ICORS.

Salah satu paper yang dapat masuk ke dalam conferences adalah dari Paper Julian Alifirman Wardana mengenai Smart Trash Cans for Waste Management Using nodeMCU and Ultrasonic Sensor. Pada penelitian ini dilakukan penerapan sensor ultrasonik untuk membuka tempat sampah dari deteksi objek di dekat tempat sampah sehingga ketika orang inign membuang sampah dapat membuka sendiri. Selain itu juga sensor ultrasonik lainnya untuk mendeteksi jarak objek di tempat sampah sehingga dapat memberikan informasi tingkat penuhnya sampah. Sehingga apabil sampah sudah penuh dapat memberikan informasi kepada bagian manajemen sampah untuk dapat mengosongkan tempat sampah kembali.

Semua tim Bandung yang melakukan presentasi secara online berjalan lancar dan dari conferences ini juga dapat membangun koneksi bagi mahasiswa karena penelitian yang dilakukan dalam sati break out room zoom biasanya tidak berbeda jauh seperti pada break out room pada Julian memiliki fokus pada penelitian Internet of Things. Diharapkan dengan adanya conferences ini mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan riset dan publikasi untuk hard  skill dan juga soft skill dari kemampuan public speaking di depan orang banyak dengan menggunakan bahasa Inggris.

References:

http://icoris.org/