Pada tanggal 21 Agustus hingga 27 Agustus 2022, BINUS University telah melaksanakan program bernama International Community Development Program 2022 yang dilakukan di Malang tepatnya di Desa Gubuklakah. Program ini diikuti olehProgram ini memiliki 8 mahasiswa BINUS Jabodetabek, 10 mahasiswa BINUS @Malang, 10 mahasiswa BINUS @Bandung dan 10 mahasiswa asing dari Jepang, Vietnam, Malaysia, Somalia, Zimbabwe, India dan Kamboja.

               Sebelum berangkat ke desa Gubuklakah para mahasiswa dibekali oleh para fasilitator dari dosen BINUS University antara lain Budi Juarto dari Computer Science Lecturer di BINUS Bandung, Gangga Saputra dari Visual Communication Design Lecturer di BINUS Bandung, Okky Saputra dari Public Relation Lecturer di BINUS Malang, dan Uzda Nabila Shabiriani dari Visual Communication Design Lecturer di BINUS Malang. Pada masa training ini para mahasiswa belajar mengenai konsep design thinking untuk menggenerate ideas, problem statement, dan mensimulasikan proses wawancara sebelum mempraktekkan secara langsung di masyarakat di Desa Gubuklakah.

               Pada tanggal 23-25 Agustus 2022, para mahasiswa melakukan wawancara dengan warga di Desa Gubuklakah untuk mendapatkan informasi dan mengetahui apa saja kendala yang dialami oleh warga. dr Diah Wihardini, Direktur Binus Global, mengatakan melalui kegiatan ini, mahasiswa dari berbagai latar belakang akan mendapat kesempatan untuk saling memahami, memahami dan berkolaborasi. “Sungguh, kesempatan langka dan unik yang diambil BINUS University sebagai bagian dari kegiatan internasionalisasinya. Kedepannya, kegiatan summer program seperti ini akan menjadi kegiatan rutin yang akan memperkaya pengalaman internasional para mahasiswa,” ujar Diah. Sementara itu, Direktur Binus University, Dr. Robertus Tang Herman mendukung penuh semua kegiatan International Community Development Program. “Karena tujuan utama dari program ini adalah untuk meningkatkan kompetensi siswa. Tidak hanya mengikuti workshop Design Thinking, Anda juga langsung mengaplikasikannya. Karena program berlangsung dalam kelompok, itu juga melatih kerja tim dan pertukaran budaya. Keunggulan lain dari program ini adalah semoga solusi mahasiswa dapat bermanfaat dalam pembangunan desa Gubugklakah,” ungkapnya.

               Semoga dengan adanya acara ini mahasiswa BINUS dapat belajar tidak hanya melalui teori akan tetapi praktek secara langsung mengenai konsep design thinking dan proses implementasinya di masyarakat. Ke depannya acara seperti ini akan dilaksanakan dengan tema yang berbeda dan lokasi yang berbeda untuk acara International Community Development Program 2023.