Writer Budi Juarto Associate LS S2

Pada tanggal 30 September, BINUS University melaksanakan acara bernama Creation Signtech. Acara ini dihadiri oleh beberapa siswa SMA yang ada di Bandung seperti SMA Cahaya Bangsa, SMA Cirebon, SMAN 5 Bandung, SMAN 8, dan SMA Aloysius 2 dengan total siswa SMA berkisar 280 orang. Acara ini diramaikan dengan beberapa kegiatan seru seperti ice breaking, games, dan juga campus tour. Pada kesempatan ini mahasiswa Computer Science berkesempatan untuk menunjukkan hasil karya mereka selama kuliah di depan para siswa SMA.

Ketua HIMTI Mempresentasikan Hasil Karya Mahasiswa
Gambar 1. Ketua HIMTI Mempresentasikan Hasil Karya Mahasiswa

Pada acara campus tour mahasiswa computer science menunjukkan hasil karya mereka seperti tempat sampah pintar yang dapat membuka sendiri ketika orang mendekat dan memberikan informasi kepada user berbasis website. Computer Science di BINUS Bandung memiliki fokus di bidang Internet of Things sebagian besar produk mahasiswa menerapkan konsep Internet of Things.  Selain itu juga ada produk berupa dispenser yang tanpa perlu melakukan kontak seperti menekan tombol sehingga ketika botol minum mendekat air akan keluar dari pompa air galon sehingga protokol kesehatan dapat selalu dijaga. Penggunaan drone juga menjadi bagian dari riset yang dilakukan computer science BINUS Bandung dimana dilakukan penelitian komunikasi antar drone agar dapat berkoordinasi antar drone dengan menggunakan konsep internet of things dari drone utama. Mahasiswa juga melakukan demo penerbangan dari drone berukuran mini untuk mensimulasikan penerbangan drone. Terakhir ada simulasi dunia virtual dengan menggunakan Virtual Reality untuk permainan game musik.

Para Siswa SMA Tertarik Dengan Hasil Karya Mahasiswa Computer Science BINUS Bandung
Gambar 2. Para Siswa SMA Tertarik Dengan Hasil Karya Mahasiswa Computer Science BINUS Bandung

Setelah melihat hasil karya mahasiswa, acara berikutnya dilanjutkan dengan sesi trial class di kelas praktikum Computer Science. Para Siswa dapat merasakan suasana perkuliahan sebelum melaksanakan perkuliahan sesungguhnya sehingga persiapan menuju perkuliahan di BINUS University dapat dilakukan maksimal. Sesi Trial Class yang diberikan kepada siswa SMA adalah mengenai Internet of Things yaitu melakukan simulasi lampu lalu lintas dengan menggunakan arduino dengan tiga buah lampu berwarna merah, kuning, hijau. Selain menggunakan perangkat secara langsung yang diperlihatkan di kelas, para siswa juga berkesempatan untuk membuat simulasi lampu lalu lintasnya sendiri melalui aplikasi Tinkercad.

 Sesi Trial Class Siswa SMA di Program Studi Computer Science
Gambar 3. Sesi Trial Class Siswa SMA di Program Studi Computer Science
Sharing Session oleh Alumni Computer Science Bandung
Gambar 4. Sharing Session oleh Alumni Computer Science Bandung

Setelah mengikuti sesi trial class para siswa SMA menuju lantai 4 di BINUS Bandung untuk menikmati pertunjukkan UKM dan pengumuman door prize hadiah. Pukul 12 siang para siswa SMA melakukan sesi foto bersama dan pulang ke SMA masing-masing. Diharapkan dengan adanya sesi creation signtech ini para siswa SMA dapat merasakan serunya apabila nanti kelak lulus SMA dan memilih BINUS University Bandung sebagai kampus masa depan mereka.