Selasa 19 Juli hingga Kamis 21 Juli 2022, BINUS University Bandung kedatangan beberapa siswa SMA di Bandung. Para siswa SMA mendapatkan pengalaman untuk melihat-lihat BINUS University Bandung yang berada di Paskal Hyper Square. Selain itu para siswa SMA juga dibagi ke dalam dua grup untuk mencoba dua trial class yang berbeda yaitu Game Development dengan menggunakan G Develop dan simulasi Internet of Things dengan menggunakan Tinkercad. Para siswa akan belajar mengenai konsep teori game secara umum seperti perkuliahan dan kemudian akan melakukan hands on secara langsung untuk pembuatan Game dengan menggunakan fasilitas komputer lab yang ada di BINUS Bandung. Sedangkan pada kelas Internet of Things melakukan hands on untuk pembuatan simulasi lampu mati dan menyala dari simulasi Arduino dan lampu dari Tinkercad.

Diharapkan dengan adanya kunjungan sekolah ini dapat mengenalkan lebih awal dunia kampus kepada siswa SMA mengenai lingkungan kampus yang mungkin akan menjadi pilihan mereka untuk menempuh pendidikan berikutnya. Melalui trial class juga Siswa SMA dapat mengenal secara langsung bagaimana suasana perkuliahan secara singkat untuk memberikan bayangan kepada siswa SMA. Hal ini penting untuk meminimalisir permasalahan yang ada pada siswa SMA ketika memilih jurusan maupun program studi yang mereka inginkan. Hal ini dikarenakan siswa SMA umumnya memiliki ekspektasi perkiraan dan kenyataan yang berbeda ketika perkuliahan. Dengan adanya trial class ini dapat memberikan informasi mengenai dunia perkuliahan dan membuka pikiran siswa/i hadir untuk menentukan program studi yang sesuai dengan minat dan bakat yang mereka miliki.

Pada Trial Class pengembangan Game dibawakan oleh 3 dosen School of Computer Science Bandung antara lain Budi Juarto, Ayu Hidayah Aslamia, dan Muhammad Maulana Ramadhan. Pada trial class ini para siswa SMA belajar mengenai pengembangan game dengan menggunakan tema space shooter dengan menggunakan G Develop. Para siswa SMA belajar mengenai melakukan import asset yang ada pada game seperti pesawat dan laser, kemudian memberikan aksi pada asset tersebut seperti pergerakan pesawat, dan memberikan background music pada game yang sesuai dengan tema game. Para siswa SMA terlihat senang karena dapat memainkan game yang telah mereka buat sendiri selama sesi trial class.

Pada Trial Class simulasi internet of things dibawakan oleh 3 dosen School of Computer Science Bandung juga antara lain Dr. Dany Eka Saputra, Dr. Abdul Haris Rangkuti, dan Moch.Haldi Widianto. Pada trial class ini para siswa SMA belajar untuk melakukan simulasi pada perangkat iot dengan menggunakan Tinkercad. Para siswa dibimbing dari proses registrasi akun Tinkercad. Kemudian belajar pengenalan perangkat-perangkat yang dibutuhkan dalam simulasi internet of things seperti Arduino dan lampu LED. Setelah diajakarkan para siswa mencoba melakukan simulasi mereka sendiri dengan mencustom durasi kedip dari lampu LED.

Setelah Trial Class para siswa kembali untuk berkeliling di kampus BINUS. Diharapkan dengan adanya trial class yang telah berjalan ini membuka bayangan siswa SMA mengenai fasilitas-fasilitas yang ada di BINUS dan dunia perkuliahan di dalamnya sehingga bagi mereka yang tertarik dapat mempersiapkan dirinya lebih dini sebelum memasuki dunia perkuliahan nanti pasca lulus SMA.