Selasa 2 Agustus 2022 hingga Jumat 2022, BINUS School of Computer Science dan School of information System bekerja sama dengan Polytechnic University of the Philippines telah menyelenggarakan “International ICT Conference 2022”. Acara ini berlangsung selama 4 hari berturut-turut dengan rata-rata peserta yang hadir sebanyak 400 orang. Conference ini diharapkan menjadi sarana untuk sharing riset yang dilakukan oleh BINUS dan juga PUP. Pada hari pertama acara dibuka oleh BINUS Global Director, Dr. Diah Wihardini kemudian dilanjutkan oleh Vice President for Academic Affairs Polytechnic University of the Philippines , Dr. Emanuel De Guzman. Setelah itu ada Inspirational messages dari Prof Dr Tirta Nugraha Mursitama selaku Vice Rector for Research & Technology Transfer BINUS University dan dilanjutkan oleh Dr. Manuel M. Muhi selaku President Polytechnic University of the Philippines.

Acara kemudian dilanjutkan oleh 4 keynote speaker yang akan membawakan topik yang berbeda-beda. Acara ini dibagi atas 2 keynote session sehingga masing-masing keynote session akan memiliki 2 keynote speaker. Sesi pertama di moderasi oleh Dr. Benilda Eleonor V. Comendador selaku Dean, CCIS Polytechnic University of the Philippines. Pembicara pertama adalah Dr. Erwin Halim dari School of Information System BINUS University. Topik yang dibawakan adalah mengenai digital business update and trends in Indonesia. Pada sesi ini dijelaskan mengenai arah perkembangan teknologi Indonesia untuk memberikan informasi kepada polytechnic university of the Philippines. Sesi berikutnya diisi oleh Dr. Iluminada Vivien R. Domingo dari College of Computer and Information Sciences, Polytechnic University of the Philippines (PUP). Dr. Iluminada membahas mengenai riset yang dilakukan oleh civitas akademik PUP seperti Lan based quiz management system, I vote, dll. Sebagian besar riset dari PUP adalah pengembangan website dengan management system.

Memasuki keynote session kedua, moderator dilakukan oleh Irene Anindaputri Iswanto dari Head of Program Computer Science, BINUS @Kemanggisan, BINUS University. Pembicara ketiga dari Dr. Aleta C. Fabregas dari Department of Computer Science, CCIS, Polytechnic University of the Philippines. Dr. Aleta berbagi informasi mengenai riset yang dilakukannya mengenai mobile application untuk menjaga jarak orang untuk mengatasi penyebaran covid-19 dengan menggunakan naive bayes. Aplikasi ini memberikan peringatan untuk menjaga jarak dari penggunaan Bluetooth untuk menangkap informasi jarak antar pengguna smartphone. Pembicara keempat adalah Dr. Dany Eka Saputra dari School of Computer Science BINUS University. Dr. Dany membawakan tema mengenai Autonomous Drone dari riset yang telah dilakukan. Salah satu riset yang sedang dikembangkan adalah penggunaan drone untuk pemetaan kendaraan dan juga mengontrol drone secara bersamaan dengan saling menjarak agar tidak bertabrakan satu sama lain.

Hari pertama telah selesai, memasuki hari kedua dan ketiga saatnya mahasiswa dari Bina Nusantara University dan juga mahasiswa Polytechnic University of the Philippines mempresentasikan hasil risetnya. Masing -masing universitas banyak memiliki riset yang berbeda-beda dan unik sesuai dengan dosen pembimbing dari masing-masing Universitas. Masing -masing kelompok mahasiswa melakukan presentasi dalam Bahasa Inggris dalam 15 menit dan melakukan sesi tanya jawab selama 5 menit. Dari semua presentasi akan dipilih presenter terbaik dari masing-masing room dan Universitas.

Hari terakhir merupakan pengumuman paper terbaik dari mahasiswa. Penilaian ini dilakukan oleh 12 panelis yang terdiri atas 6 dosen Binus University dan 6 dosen Polytechnic University of the Philippines. Pengumuman dilakukan oleh Ibu Evawaty Tanuar selaku Head of Department, Department of Computer Science, BINUS @Bandung, Asst. Prof. Melvin C. Roxas , dan Asst. Prof. Marian G. Arada ​ selaku Chairperson, Department of Computer Science, CCIS, Polytechnic University of the Philippines. penutupan IICT yang dilakukan oleh Dr. Anna Ruby P. Gapasin​ selaku Vice President for Research, Extension,​ Planning, and Development​ Polytechnic University of the Philippines  dan Dr. Ir. Derwin Suhartono, S.Kom., MTI.​ selaku Head of Computer Science Department, BINUS @Greater Jakarta, BINUS University ​.

Setelah melakukan sesi penutupan berikutnya dilakukan pertukaran budaya yang dilakukan oleh HIMTI BINUS Bandung dengan perwakilan mahasiswa Polytechnic University of the Philippines. Pada sesi ini mahasiswa berkenalan satu sama lain dengan memainkan beberapa games untuk mencairkan suasana sebagai pembuka. Setelah itu masing-masing mahasiswa juga memperkenalkan makanan dan budaya negara Indonesia dan Philippines. Kemudian dilanjutkan oleh pertukaran bahasa dimana mahasiswa Indonesia belajar beberapa kota kata dasar bahasa Tagalog dari Philippines begitu juga sebaliknya mahasiswa Philiphinnes juga mempelajari bahasa Indonesia. Diharapkan dengan adanya conference IICT ini mahasiswa BINUS dan juga Polytechnic University of the Philippines dapat menjalin kerja sama di bidang riset dan kerja sama lainnya.