Bagi binusian yang sering membuat program multimedia menggunakan Unity pasti pernah melihat dan mendengar istilah view frustum, apalagi Ketika membuat game 3D. Sebenarnya apa sih view frustum? Di artikel kali ini kita akan membahas apa yang dimaksud dengan view frustum dan bagaimana view frustum ini bekerja.

 

Menurut…. Frustum adalah bagian dari sebuah piramida. Piramida yang kita maksud ini adalah piramada yang dipakai untuk menyeleksi mana bagian dunia game 3D yang akan dirender atau ditampilkan di dalam game. Disini muncul pertanyaan, mengapa kita perlu memilih bagian yang perlu dirender? Bukannya sebaiknya kita render saja semua bagian game, sehingga proses loading-nya semakin cepat?

Jika menggunakan komputer yang benar-benar mumpuni sekali, maka jawabannya adalah ya, seharusnya bisa dilakukan. Tetapi yang terjadi di kenyaataan adalah sedikit sekali gamer yang memiliki komputer seperti itu. Kemudian juga, proses yang perlu dijalankan di dalam komputer ketika bermain game tidak hanya proses merender model 3D, ada juga proses AI, quest progression dan yang lainnya. Sehingga, resource komputasi seharusnya dipakai sehemat mungkin agar bisa dipakai untuk proses lainnya.

Disinilah kegunaan view frustum, yaitu kita hanya menampilkan apa yang perlu ditampilkan di layar saja, sisanya mungkin tidak perlu ditampilkan atau hanya diproses sebagian dan dimasukkan ke buffer. View frustum sendiri dapat dimodelkan sebagai berikut

Gambar 1 Ilustrasi view frustum. View frustum adalah area dari limas selain yang bergaris merah. Gambar diambil dari https://learnopengl.com/Guest-Articles/2021/Scene/Frustum-Culling

 

Semua model 3D yang berada di luar area ini tidak akan ditampilkan atau isitlah teknisnya culling. Proses culling ini juga melibatkan komputasi atau rumus matematika juga, utamanya aljabar linear. Bagi binusian yang masih kesulitan membayangkan kegunaan aljabar linear, bisa mengeksplorasi view frustum dan algoritma grafis lainnya.