Memelihara Imajinasi

Muchamad Rizky Zakaria 2022

 

Sebagai kreator dalam industri kreatif, imajinasi memiliki peranan yang sangat penting dalam penciptaan suatu karya. Tanpa imajinasi, terkadang karya yang dihasilkan terasa hambar yang berpengaruh pada performa artistiknya. Seperti yang umumnya sudah diketahui, Imajinasi merupakan daya pikir untuk membayangkan (dalam tahap angan-angan) untuk menciptakan sesuatu berdasarkan kenyataan atau pengalaman seseorang secara umum.

Di sisi lain, ketika suatu pekerjaan kreatif menjadi rutinitas, yaitu terjadi pengulangan secara terus menerus dan sering dilakukan seakan-akan semuanya seperti menjadi “kerja template”. Semua berdasarkan hafalan dan mekanisme tangan yang bekerja. Sebenarnya tidak ada masalah jika karya yang dihasilkan memenuhi permintaan suatu pihak misalnya dari segi waktu, kuantitas dan standar yang disepakati. Tapi, bukankah lama-lama jika dibiarkan akan menjadi hal yang menjenuhkan bukan? Yang seringkali kita menjadi Lelah, bosan walaupun pekerjaan template tapi terasa malas untuk dilakukan.

Melirik pola kerja dalam profesi pipe line animasi, yaitu seorang karakter desainer menjadi suatu yang sangat jelas bahwa imajinasi adalah salah satu senjata penting dalam berkaryanya. Karakter desain adalah perwujudan dari imajinasi kreatornya. Lalu bagaimana jika mulai masuk pada tahapan masalah seperti yang dijelaskan sebelumnya? Banyak cara untuk menanggulanginya. Di antaranya kegiatan relaksasi seperti menonton film atau hiburan lainnya. Tapi ada hal lain yang cukup membantu untuk memelihara imajinasi itu tetap terlatih yaitu menggambar bebas.

Saya yakin, bagi semua kalangan yang berkarir dalam industri kreatif semasa kecilnya sering atau setidaknya melakukan kegiatan menggambar yang “sengaja” dilakukan atas dasar dorongan bermain yang tinggi dan tidak mengharapkan apa-apa. Jika sama, penulis selalu menganggap hal ini adalah “golden time”, rasanya kegiatan ini menjadi suatu hal yang menyenangkan dan membuat nyaman. Sensasi berimajinasi ini luar biasa muncul. Menggambar sangat bebas tanpa terbebani hal apapun. Setelah dipikir-pikir cara ini sangat membantu memelihara imajinasi. Hingga ditemukan pemahaman, menggambar bebas sesaat bukan merupakan hal yang sia-sia. Bedanya, dengan tingkat kedewasaan tahu kapan untuk berhenti demi melakukan kegiatan kewajiban lainnya. Dari segi manfaatnya kini dengan menggambar ini selain bertujuan relaksasi, seringkali beberapa aset visual yang dihasilkan biasanya terpakai untuk proyek di kemudian hari.