Designing a Strong Visual Identity for Digital Branding

Yuda Suryasa

Bandung, 29 Juni 2022

 

Brand adalah cara dunia luar mengenal esensi objek (produk/perusahaan). Salah satu unsur terpenting dari branding yang sukses adalah kredibilitas. Hal ini adalah kemampuan untuk membuat janji yang diyakini oleh pelanggan.

 

Branding bersifat mengkomunikasikan nilai-nilai, hal itu adalah janji yang disampaikan kepada konsumen. Branding bukanlah apa yang anda katakan kepada orang untuk berpikir, branding bukanlah sekedar “jual/beli “, tetapi apa yang orang RASA dan PIKIRKAN tentang merek anda.

 

Branding adalah:

– Confidence/kepercayaan diri,

– Passion/gairah,

– Belonging/memiliki

– Action/tindakan,

– Seccurity/keamanan.

 

Branding berbasis digital memungkinkan untuk membuat kehadirannya dikenal dimana saja bahkan di telapak tangannya. Mengapa kehadiran merek digital penting? Sebagian besar kita terlibat dengan dunia yang lebih besar melalui lensa internet. Hal ini tentu yang menjadikannya penting untuk menjangkau pelanggan dan mengubah pengguna menjadi loyalitas terhadap brand dalam medium digital berbasis Company Perspective dan Consumer Perspective.

 

Digital branding adalah bagaimana merancang dan membangun merek secara online melalui situs web, aplikasi, media sosial, video, dan banyak lagi. Digital branding terdiri dari kombinasi digital marketing dan internet branding untuk mengembangkan brand secara online.

 

Dengan melakukan landasan yang diperlukan dalam proses merancang identitas merek strategis, visual akan membantu menghidupkan merek. Oleh karena itu, identitas visual harus sesuai dengan nilai yang mendasari merek untuk menjangkau dan terlibat dengan pelanggan. Itu harus melengkapi identitas merek untuk memberikan pengalaman digital yang konsisten. Bagaimanapun, saluran digital adalah tempat pelanggan akan berinteraksi dengan merek.