Oleh: Febrina Nadelia

 

Buku digital semakin populer di Indonesia sejak hadirnya berbagai penerbit buku besar yang mulai memasarkan buku dalam bentuk digital serta berbagai aplikasi penjualan buku digital legal lainnya. Namun, banyak sekali pembaca yang mengeluhkan mata menjadi cepat lelah karena terlalu lama menatap layar ponsel maupun komputer saat membaca buku digital. Berbeda halnya dengan buku fisik yang bisa dibaca berjam-jam tanpa membuat mata lelah.

Solusi permasalahan ini telah diciptakan oleh perusahaan Amazon dengan produknya berupa gawai yang khusus untuk membaca buku digital. Gawai tersebut dikenal dengan merek kindle yang berfungsi sebagai pembaca buku digital atau yang lebih dikenal dengan e-book reader. Kelebihan produk ini adalah ketahanan baterai dan layar yang menggunakan teknologi e-Ink sehingga layar gawai terlihat seperti layaknya buku fisik yang membuat mata tidak cepat lelah jika dibandingkan dengan membaca menggunakan ponsel atau komputer. Selain itu, kindle juga memiliki bobot yang ringan tetapi mampu menyimpan ratusan buku digital di dalamnya, sehingga membuat pembaca bisa membaca buku kapan pun tanpa perlu membawa buku fisik yang tebal.

Kindle sangat populer di Amerika, tetapi produk ini memiliki akses yang terbatas karena hanya menyediakan buku digital yang disediakan oleh perusahaan Amazon dan hanya berbahasa Inggris. Seiring dengan perkembangan teknologi, posisi kindle sebagai gawai e-book reader pertama mulai tergantikan karena banyak sekali produsen e-book reader yang mengembangkan teknologi e-Ink dipadukan dengan OS Android seperti merek onyx boox, sehingga memudahkan pembaca di Indonesia untuk mengakses aplikasi dari berbagai penerbit buku digital berbahasa Indonesia.

Bahasa dan teknologi memegang peranan sebagai sarana pendukung yang penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga pemilihan bahasa sebagai bahasa pengantar dan juga teknologi yang mendukung tentu akan memberikan pengaruh besar bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Semoga dengan adanya beberapa aplikasi membaca yang nyaman untuk mata bisa semakin menarik minat pembaca untuk meningkatkatkan literasi dan mengembangkan ilmu pengetahuan.

 

Bibliografi:

Hidayanti, F. (2022). 10 Aplikasi Membaca Ebook Terbaik 2022.

Kautsar, V. (2021). 5 Rekomendasi Aplikasi Ebook untuk Membaca Buku Digital.