Oleh: Febrina Nadelia

 

Buku fisik merupakan pilihan bagi banyak orang yang senang membaca buku. Namun, kini banyak orang yang mulai beralih ke buku digital karena dianggap lebih praktis dan bisa dibaca kapan pun tanpa perlu membawa buku fisik yang tebal dan berat.

Permasalahan timbul ketika buku digital terbitan Indonesia memiliki harga yang cukup mahal jika dibandingkan dengan buku digital terbitan luar negeri. Jadi, pembaca lebih memilih membeli buku fisik karena bisa dijadikan koleksi di rumah. Buku fisik juga tersedia di perpustakaan sehingga pembaca bisa membaca buku gratis, sedangkan buku digital tidak gratis. Oleh karena itu, banyak pembaca buku fisik yang tetap memilih pergi ke perpustakaan daerah atau perpustakaan di sekolah dan kampus untuk membaca buku.

Menjawab permasalahan tersebut, ipusnas (aplikasi perpustakaan digital dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia) menghadirkan solusi agar pencinta buku di Indonesia bisa membaca buku digital gratis berbahasa Indonesia seperti layaknya meminjam buku fisik di perpustakaan. Hal ini tentu membawa angin segar bagi para pencinta buku untuk mulai beralih membaca buku digital. Koleksi yang dimiliki Ipusnas sangat beragam, mulai dari buku fiksi populer, buku nonfiksi, buku pelajaran sekolah, hingga buku pelajaran di tingkat perguruan tinggi ada di dalam aplikasi tersebut. Pengguna bisa mengunduh aplikasi Ipusnas melalui ponsel pintar, tablet, atau e-book reader yang memiliki OS Android.

Membaca buku ilmiah berbahasa Indonesia di Ipusnas akan menambah kosakata baku pembaca dan hal ini dapat membuat pembaca lebih menguasai bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Penguasaan kosakata baku dapat memberikan banyak manfaat mulai dari kemampuan untuk menulis dengan pemilihan kata yang tepat dan sesuai dengan kaidah bahasa yang baik dan benar, serta penguasaan kosakata dalam komunikasi sehingga dapat terhindar dari kesalahan persepsi.

Pengguna bisa meminjam maksimal lima buah buku pada aplikasi ipusnas dan harus mengembalikan buku digital tersebut dalam waktu tujuh hari. Jika buku tidak tersedia karena sudah dipinjam orang lain, pengguna dapat menggunakan fitur antre untuk menunggu giliran buku tersebut. Saat buku sudah tersedia, akan ada pemberitahuan pada gawai sehingga pengguna dapat meminjam buku tersebut. Tentu ini merupakan tawaran yang sangat menarik, kini tidak perlu keluar rumah untuk meminjam buku  karena perpustakaan sudah ada digenggaman. Jadi, para pencinta buku berbahasa Indonesia kini bisa menikmati berbagai koleksi buku menarik dengan mudah dan gratis.

 

Bibliografi:

Hidayanti, F. (2022). 10 Aplikasi Membaca Ebook Terbaik 2022.

Kautsar, V. (2021). 5 Rekomendasi Aplikasi Ebook untuk Membaca Buku Digital.