Membaca Lebih Praktis dengan Buku Digital

Oleh: Febrina Nadelia

 

Buku fisik merupakan sumber ilmu yang telah digunakan manusia selama berabad-abad lamanya. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, buku fisik mulai tergantikan oleh buku elektronik atau yang lebih dikenal dengan istilah e-book (electronic book). Tren membaca e-book di Indonesia sudah berkembang cukup pesat, hal ini seiring dengan penerbit buku fisik yang mulai beralih untuk menjual buku dalam bentuk digital melalui aplikasi ponsel pintar.

Pada awalnya pencinta buku di Indonesia kurang menyukai buku digital. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi dan kemudahan mengakses buku digital melalui aplikasi yang dibuat oleh penerbit buku berbahasa Indonesia membuat buku digital menjadi naik daun. Tidak dapat dimungkiri buku berbahasa Indonesia masih menjadi buku yang paling populer, selain karena mudah dipahami, saat ini kualitas buku berbahasa Indonesia juga tidak kalah bagusnya dengan buku-buku berbahasa asing.

Gramedia dan Mizan merupakan penerbit besar yang telah menjual buku dalam bentuk digital di Indonesia. Selain itu, Gramedia digital mengembangkan terobosan baru dengan membuat fitur berlangganan sehingga pembaca dapat membaca semua koleksi buku digital di aplikasi dengan membayar biaya berlangganan setiap bulannya. Biaya berlangganan aplikasi Gramedia digital sebesar Rp45.000,00 untuk paket buku fiksi atau nonfiksi, dan Rp89.000,00 untuk paket premium yang dapat mengakses semua buku yang diterbitkan oleh Gramedia.

Aplikasi Mizan tak mau kalah dengan aplikasi penerbit lainnya, harga yang ditawarkan untuk pembelian buku digital Mizan jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli buku fisik. Sehingga pencinta buku terbitan mizan bisa membaca banyak buku dengan lebih hemat.

Aplikasi lain yang bisa digunakan untuk membaca buku digital adalah google play books yang menjual berbagai jenis buku mulai dari buku lokal hingga buku internasional dengan harga terjangkau dan dapat diunduh dalam format pdf dan epub sehingga memudahkan untuk membaca buku tanpa menggunakan koneksi internet.

Semakin berkembangnya berbagai aplikasi ini menarik minat pembaca buku fisik untuk mulai beralih ke buku digital karena biaya pembelian dan sewa buku digital jauh lebih murah. Selain itu, buku digital bisa diakses kapan saja dengan menggunakan ponsel pintar, tablet, dan komputer yang dimiliki pembaca.

 

Bibliografi:

Hidayanti, F. (2022). 10 Aplikasi Membaca Ebook Terbaik 2022.

Kautsar, V. (2021). 5 Rekomendasi Aplikasi Ebook untuk Membaca Buku Digital.