Oleh: Desi Indrawati

 

Mahasiswa program studi Creativepreneurship BINUS @Bandung Rafi Sagarmatha Nury terpilih sebagai juara kedua Putra Pemilihan Duta Bahasa BINUS 2022 yang dihelat secara online (Zoom) pada bulan Maret 2022. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Language Center (LC) bersama Student Club and Activity Center (SCAC), Universitas Bina Nusantara. Pemilihan Duta Bahasa BINUS 2022 ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan kesadaran cinta berbahasa Indonesia bagi mahasiswa, dan mempersiapkan Binusian untuk seleksi berikutnya di tingkat provinsi, yaitu Duta Bahasa Provinsi DKI Jakarta, Duta Bahasa Provinsi Banten, Duta Bahasa Provinsi Jawa Barat, dan Duta Bahasa Provinsi Jawa Timur.

Rafi mengaku Bahagia ketika terpilih menjadi juara 2 untuk kategori putra. Rafi yang tadinya sempat belajar di Australia semasa SMA ini sangat bangga karena bisa membawa nama BINUS @Bandung di acara Pemilihan Duta Bahasa BINUS 2022 dan Rafi siap untuk mengikuti Pemilihan Dubas tingkat provinsi Jawa Barat 2022. Dengan terpilihnya Rafi sebagai perwakilan dari BINUS @Bandung, pembina sekaligus PIC Language Center BINUS Bandung, Ibu Desi Indrawati, S.Pd., M.Hum menyampaikan komitmennya untuk membina Rafi dalam persiapan mengikuti Pemilihan Dubas tingkat Provinsi 2022. Harapannya, Duta Bahasa BINUS terpilih di tahun ini dapat menjadi penggerak literasi, sahabat BIPA dan aktif dalam kegiatan Komunitas BACA (Binusian Cinta Bahasa).

Kegiatan Pemilihan Duta Bahasa ini sangat diharapkan pelaksanaannya sesuai dengan misi untuk senantiasa melahirkan generasi muda Pancasilais yang mampu mengambil peranan  dalam memantapkan fungsi bahasa Indonesia guna mempererat persatuan, serta memperkuat jati diri dan daya saing bangsa yang terus menerus menghadapi tantangan seiring perkembangan teknologi dan zaman. Tentunya Duta Bahasa yang terpilih nantinya akan diseleksi untuk menjadi Duta Bahasa Negara dalam program BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) di luar negeri.

Grandfinal Duta Bahasa BINUS 2022