Oleh: Febrina Nadelia

 

Lulus kuliah tepat waktu adalah hal yang paling diinginkan oleh mahasiswa, tetapi banyak sekali faktor yang menyebabkan mahasiswa sulit lulus kuliah. Simak kiat-kiat berikut ini agar dapat lulus kuliah tepat waktu!

  1. Manajemen Waktu

Mengatur waktu dengan baik saat kuliah merupakan kunci utama agar dapat lulus tepat waktu. Mahasiswa bisa kuliah sambil mengikuti beberapa kegiatan lain seperti organisasi, kegiatan amal, atau kursus bahasa asing. Namun, kuliah harus tetap dijadikan prioritas. Tak jarang mahasiswa yang terlalu sibuk dengan organisasi melupakan kewajiban utamanya sebagai mahasiswa sehingga sulit untuk lulus kuliah.

Mahasiswa dapat mengikuti kegiatan organisasi di luar jam kuliah, malam hari dipergunakan untuk belajar dan mengerjakan tugas kuliah.

  1. Lingkungan Belajar

Lingkungan belajar yang baik bisa membuat mahasiswa termotivasi untuk belajar dan lulus kuliah tepat waktu. Mulailah dengan mencari teman-teman yang memiliki motivasi untuk lulus tepat waktu. Bentuklah tim belajar bersama setiap akhir pekan di perpustakaan, sehingga dapat saling memotivasi untuk terus belajar dengan baik dan bisa lulus tepat waktu bersama.

  1. Kontrak Mata Kuliah Semester Pendek

Setiap kampus memiliki kebijakan yang berbeda mengenai kontrak mata kuliah di semester pendek (SP). Kampus biasanya mensyaratkan IPK 3.00 agar bisa mengontrak mata kuliah dalam semester pendek, maka dari itu selalu pertahankan nilai pada setiap semester.

Mulailah dengan mengontrak mata kuliah yang dianggap sulit saat SP sehingga waktu belajarnya bisa lebih singkat dan kamu bisa memiliki waktu kosong yang diisi dengan mengerjakan skripsi saat perkuliahan regular dimulai.

  1. Tentukan Tema Skripsi

Kampus biasanya mensyaratkan skripsi dimulai dari semester akhir, tetapi mahasiswa dapat mulai merancang tema dan kerangka proposal penelitian dari semester 5. Tentukan tema skripsi yang menarik dan belum banyak diteliti sehingga kesempatan untuk mengambil tema tersebut semakin besar. Konsultasikan dengan kakak tingkat dan dosen pembimbing akademik mengenai rencana dan tema skripsi yang akan diambil untuk mengetahui apakah tema tersebut layak diajukan.

  1. Latihan Membuat Proposal Penelitian

Setelah menentukan tema skripsi, mahasiswa dapat mulai berlatih untuk menulis proposal penelitian sesuai dengan tema yang dibuat. Pergunakan kaidah tata tulis yang baik dan benar dalam menuangkan gagasan atau ide yang dimiliki agar proposal tersebut layak untuk diajukan ke dosen pembimbing. Mahasiswa bisa mempelajari buku kaidah kebahasaan yang digunakan dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia sebagai bahan referensi dalam pembuatan proposal penelitian.

  1. Disiplin

Disiplin merupakan hal yang paling penting dalam menentukan kelulusan. Jika sudah memiliki niat untuk lulus tepat waktu, usahakan untuk terus disiplin agar dapat meraih apa yang diinginkan.

 

Setelah melakukan enam kiat-kiat ini, Anda siap menjadi mahasiswa unggulan yang lulus tepat waktu. Semoga bermanfaat!

 

Bibliografi:

Mahulauw, R. (2017). Lulus Kuliah dengan Bismillah. Elex Media Komputindo.

Bastian, R. (2019). Kuliah, Kerja, Kaya. Laksana.