Oleh: Febrina Nadelia

 

Kuliah di kampus favorit dan memiliki karir yang cemerlang saat lulus kuliah merupakan impian setiap orang. Namun, banyak di antara kita yang kesulitan memilih jurusan yang tepat saat harus meninggalkan bangku SMA. Bagaimana cara memilih jurusan yang tepat dan sesuai? Simak kiat-kiatnya berikut ini:

  1. Kenali Potensi Diri

Hobi merupakan hal yang bisa menentukan potensi diri. Jika hobi menulis, maka calon mahasiswa bisa memperdalam kemampuan menulis dengan mengambil jurusan yang sesuai seperti Bahasa dan Sastra, Jurnalistik, atau Ilmu Komunikasi. Jika hobi menggambar atau membuat desain, maka calon mahasiswa bisa memilih jurusan DKV.

  1. Karier Impian

Calon mahasiswa yang memiliki karier impian untuk menjadi seorang guru, maka pilihan jurusan ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Namun, jika calon mahasiswa ingin menjadi ahli di bidang teknologi maka pilihan jurusan ada di Computer Science. Bagi yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha, maka calon mahasiswa dapat memilih jurusan Creativepreneurship.

  1. Riset

Ini merupakan bagian yang paling penting karena dengan melakukan riset mengenai jurusan yang akan diambil, calon mahasiswa akan mengetahui mata kuliah di jurusan tersebut, biaya pendidikan, akreditasi jurusan, dan juga kesempatan beasiswa yang ditawarkan di jurusan tersebut.

  1. Konsultasi

Calon mahasiswa bisa berkonsultasi dengan keluarga atau kakak tingkat yang sebelumnya telah mengambil kuliah di jurusan yang dinginkan. Dengan demikian, calon mahasiswa dapat mengetahui kendala dan tantangan dalam mengambil jurusan tersebut, sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk mengambil jurusan serupa.

  1. Persiapkan Pilihan Kedua

Calon mahasiswa harus menyiapkan berbagai rencana cadangan sebelum mulai mendaftar kuliah.

  1. Persiapkan Portofolio

Beberapa Universitas di Indonesia mewajibkan wawancara dalam penerimaan mahasiswa baru. Calon mahasiswa bisa mempersiapkan diri dengan portofolio yang ditulis dengan kaidah kebahasaan yang baik dan benar dan berkaitan dengan keahlian yang dimiliki untuk diperlihatkan saat sesi wawancara. Selain itu, calon mahasiswa harus mempersiapkan kemampuan komunikasi dengan penguasaan bahasa yang baik dan benar sehingga dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh perwakilan kampus dengan pemilihan kata yang tepat.

Setelah menerapkan kiat-kiat di atas, calon mahasiswa bisa mempertimbangkan jurusan mana yang paling sesuai dengan karakter dan kemampuan yang dimiliki. Selamat mencoba!

 

Bibliografi:

Pamungkas, A. K. (2013). Cara Memilih Program Studi di Perguruan Tinggi. Elex Media Komputindo.

Priambodo, R. (2021). Profil Jurusan Kuliah di PTN. Deepublish