Dalam mata kuliah Visual Comunication Design 2025 program studi Desain Komunikasi Visual tugas yang diberikan adalah membuat karya project bentuk dasar dalam bentuk mengolah kreatifitas dan rasa yaitu tugas mahasiswa yang dikaitkan kedalam mengolah bentuk. Semua mahasiswa diarahkan untuk membuat tugas sesuai dengan tujuan mata kuliah ini. Mahasiswa dengan mengikuti proses yang dilakukan mahasiswa dilatih untuk memiliki kepekaan rasa terhadap visual, estetika atau bentuk dan komposisi visual ,mahasiswa harus mencari dan menentukan bentuk visual apa yang akan di representasikan dalam bentuk tugas karya, dari tugas yang dipilih oleh mahasiswa di asistensikan dengan dosen pembimbing. Setelah ide didapatkan maka proses selanjutnya adalah menganalisis. Analisis ini dibutuhkan dengan cara mengolah bentuk gestalt, Sehingga didapat acuan dalam membuat karya. Hasil akhirnya nanti mahasiswa membuat karya yang sesama mahasiswa tidak akan sama bentuk dan keputusan dalam hasil akhir karyanya, maka dalam tugas ini mahasiswa dituntut memiliki tanggung jawab tidak hanya membuat namun mampu untuk memaparkan hasil karyanya.

PROJECT BENTUK DASAR

Sumber: karya Diva Netanya, NIM 2501967133

 

 

Gestalt di atas merupakan pemaparan milik Diva Netanya. Mahasiswi jurusan DKV BINUS Bandung angkatan 2025 ini pengembangan bentuk dasar kotak dalam gestalt menggunakan kata kunci visual yang bisa sebagai melanjutkan tugasnya. Pembaca bisa melihat proses tugas gestalt Sehingga terpilih lah dari hasil bimbingan.

PROXIMITY

Sumber: karya Livia Angelina, NIM 2502032106

 

Selanjutnya tugas 2 yang di lakukan adalah mengerjakan pengembangan ide dari tema proximity kata kunci nya yang diberikan dalam brief nya. Karya diatas adalah karya Livia Angelina angkatan 25 membuat pengembangan ide gestalt, Livia yang saat ini masih melaksanakan perkuliahan tugas VCD1. Jadi prosesnya masih berjalan sampai  UTS.

Proses mendesain pada dasarnya hampir sama dari menentukan ide kreatif dan gagasan, namun hal tambahan yang perlu diperhatikan adalah  harus paham akan prinsip – prinsip desain dan gestalt menjadi salah satu strategi karena setiap berkarya tentu memiliki masing – masing hirarkinya sesuai dengan kebutuhan untuk mendesain, diharapkan karya bisa memiliki nilai tambah Jika prinsip tersebut dilakukan, dalam melakukan proses mendesain .