Oleh: Febrina Nadelia

 

Daftar riwayat hidup atau yang lebih dikenal dengan CV (Curriculum Vitae) merupakan syarat utama yang harus dipenuhi ketika akan melamar pekerjaan. CV (Curriculum Vitae) terkesan kaku dan monoton karena hanya dapat dibuat dengan format yang sama, kini CV dapat dibuat menjadi lebih menarik berkat kecanggihan berbagai aplikasi gratis yang terdapat di internet.

Dari sekian banyak aplikasi gratis, canva merupakan salah satu aplikasi populer yang menyediakan berbagai jenis template untuk pembuatan CV. Pelamar kerja bisa memilih desain yang diinginkan lalu menambahkan data diri pada template desain yang dipilih. Selain itu, canva juga tersedia dalam versi website sehingga dapat diedit dengan menggunakan komputer.

Warna dan desain template dapat dipilih sesuai keinginan sehingga pengguna bisa membuat CV yang menunjukan kepribadian. Misalnya, warna hitam, putih, coklat, dan warna pastel cocok bagi yang memiliki kepribadian yang tenang. Sedangkan, warna merah, kuning, dan warna cerah lainnya cocok bagi yang memiliki kepribadian yang lebih dinamis dan menyukai tantangan baru.

Selain canva, terdapat beberapa aplikasi lain yang dapat dicoba, yaitu:

  1. Easy Resume Builder
  2. CV Enginner
  3. CV and Resume Creator
  4. CV Library
  5. Pathsource Resume
  6. Resume Star
  7. Resumaker

Persiapkan data diri seperti ktp, ijazah, data riwayat pekerjaan sebelumnya, portofolio, dan foto resmi sebelum mulai mengedit desain di apilikasi pembuat CV. Pastikan data yang dimasukan benar dan tidak ada kesalahan penulisan dalam CV yang dibuat. Selain itu, persiapkan CV yang sesuai dengan profil perusahaan yang akan dilamar. Jika perusahaan tersebut bergerak dibidang formal sebaiknya pergunakan warna yang netral seperti hitam, putih, dan coklat karena perusahaan ini biasanya menyukai sesuatu yang klasik, sopan, dan rapi. Namun, pelamar dapat memberikan sentuhan warna yang lebih menarik dan desain yang lebih berani saat melamar di perusahaan yang bergerak di industri kreatif. Saat ini CV tidak lagi monoton dan dapat menarik perhatian perusahaan yang akan dilamar.

Selain memperhatikan desain CV yang dibuat, pelamar pekerjaan harus memperhatikan struktur penulisan yang baik dan benar dalam membuat CV. Usahakan untuk membaca kembali CV dan memperbaiki jika ada penulisan yang tidak sesuai dengan kaidah penulisan yang benar. Anda bisa melihat pada kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) dan buku pedoman umum ejaan bahasa Indonesia (PUEBI) sebagai referensi penulisan CV agar terlihat lebih profesional.

 

Bibliografi:

Putra, F. A. (2022). 9 Rekomendasi Aplikasi Membuat CV Lamaran Kerja.

Juliawanti, L. (2021). 12 Aplikasi Membuat CV yang Gratis dan Bisa dari Ponsel.