Technology 4.0 and Society 5.0, Teknologi Masa Depan itu Gimana Sih?

Kemajuan teknologi yang semakin canggih ini tidak bisa terpisahkan oleh masyarakat. Teknologi akan selalu menjadi bagian yang terpenting bagi kehidupan kita semua, untuk memenuhi kebutuhan dalam aktivitas yang dilakukan setiap harinya. Seiring berkembangnya teknologi, kehidupan di masa sekarang ini sudah sangat modern. Dengan adanya teknologi membuat kita dapat melakukan berbagai aktivitas dengan mudah.

Dalam event Binus Education Virtual Expo 2022 kali ini, jurusan Computer Science @Bandung mengadakan webinar dengan judul “Technology 4.0 and Society 5.0” yang dilaksanakan oleh BINUS UNIVERSITY dan telah mengundang narasumber yaitu Muhammad Maulana dan Yulianto sebagai ahli dibidangnya. Di acara ini para narasumber akan memberikan informasi yang bisa membantu para mahasiswa yang tertarik untuk belajar lebih dalam dan ingin melanjutkan prospek kerja di bidang teknologi seperti jurusan Computer Science.

 

Teknologi sangat berperan dalam membantu pekerjaan yang dilakukan masyarakat. Pekerjaan yang sangat sering dilakukan yaitu melakukan pekerjaan rumah seperti, bersih-bersih, mengepel lantai, menyapu, dan lain-lain dapat dilakukan dengan mudah dan cepat dengan adanya bantuan teknologi. Narasumber menjelaskan bahwa, teknologi yang digunakan masyarakat di masa sekarang ini seperti “Smart Home” yang didalamnya sudah ada, wifi, mobile access, laptop, tv, cctv, listrik, dan lainya. Itu merupakan sistem dari “Smart Home” yang didukung oleh jurusan Computer Science ini.

Selain itu, narasumber juga mengatakan secara singkat bahwa, Industries 4.0 ini merupakan teknologi yang serba otomatis, Society 5.0 orang-orang juga ikut terlibat dan ikut berpartisipasi dalam teknologi ini, sedangkan Blockchain adalah melibatkan banyak sekali server, dan dikhususkan untuk transaksi keuangan.

Dalam event ini juga narasumber menjelaskan tentang Cryptocurrency dan NFT. Beberapa waktu terakhir ini Cryptocurrency dan NFT sedang ramai diperbincangkan, baik sebagai instrumen investasi, juga, NFT sebagai token yang tidak dapat dipertukarkan dan merupakan aset kriptografi pada blockchain.

Jadi, dengan adanya teknologi ini tentunya akan sangat membantu untuk mempermudah pekerjaan yang dilakukan masyarakat dalam kegiatan sehari-hari dimana pun dan kapan pun. Para narasumber telah memberikan informasi-informasi yang akan sangat berguna untuk masa depan, serta membagikan pengalaman untuk memotivasi para peserta.

 

Nantikan webinar – webinar seru lainnya di BEVE HYBRID 2022! Untuk mengikuti kegiatan BINUS Education Virtual Expo (BEVE) 2022, yuk langsung saja daftar di link http://digivent.binus.ac.id/beve