Seberapa Pentingnya Teknik Sipil dalam Era Digital?

Pendidikan di Indonesia maupun di luar negeri pada prinsipnya sama saja, tergantung setiap orang yang menjalaninya. Tetapi, jika dilihat perbedaanya secara spesifik jelas sangat berbeda. Mulai dari perbedaan budaya, Indonesia menerapkan benyak belajar daripada bermain dan sudah dibiasakan dengan mengerjakan pekerjaan rumah, sedangkan luar negeri lebih memfokuskan untuk bermain, berinteraksi, juga mengeksplore lingkungan sekitar.

Di acara Binus Education Virtual Expo 2022 kali ini, jurusan Civil Engineering mengadakan webinar dengan judul “Civil Engineering Talkshow 3.0” yang dilaksanakan oleh BINUS UNIVERSITY mengundang narasumber yang memiliki pengalaman pendidikan di dalam negeri dan di luar negeri.

Webinar ini adalah rangkaian acara BEVE HYBRID yang diadakan mulai tanggal 27 Januari hingga 6 Februari 2022. Pembawa acara webinar ini dibawakan oleh Malvin Benet, serta narasumber yang memiliki pengalaman bisa memberikan pengetahuan dan memotivasi peserta. Yaitu, Dr. Riza Ainul Hakim Suwondo, S,T., M,Sc dan Adelia Dwidarma Nataadmadja, BE (Hons), BCom., Ph, D.

Dalam acara webinar ini, para narasumber membahas topik yang sangat kekinian dan bisa membuka pandangan peserta, khususnya jurusan Teknik Sipil. Jurusan ini sangat dibutuhkan dimana-mana, serta memiliki ruang lingkup yang luas. Mahasiswa harus dapat memahami kebutuhan manusia dalam setiap rancangan, pembangunan, renovasi gedung, beserta infrastruktur. Secara umum, Teknil Sipil akan mempelajari bagaimana merancang infrastruktur yang kuat, layak, dan juga efisien.

“Kenapa saya pilih sipil? Karena sipil yang paling banyak angkanya, paling banyak hitungannya. Saya rasa sebenarnya semua ilmu bisa dipelajari, tapi tentunya kita harus memilih yang mana yang enak, karena kita akan menjalaninya seumur hidup kita” – Kata Adelia Dwidarma

Di Indonesia diketahui bersama sering terjadinya bencana alam seperti, banjir, gempa, ataupun tsunami. Ini merupakan peran teknik sipil, untuk menyiapkan persiapan bagaimana agar suatu bangunan bisa tahan gempa, meminimalisir dan menjamin orang-orang dalam gedung itu aman, melihat apakah gedung masih bisa layak di tempati atau tidak.

Kebutuhan lulusan jurusan Teknil Sipil ini sangat tinggi, untuk mendukung program pemerintah yaitu mencanangkan pembangunan infrastruktur IKN, sehingga ini adalah kesempatan yang sangat besar bagi jurusan Teknik Sipil. Tentunya, kita tidak ingin bahwa pembangunan yang ada di Indonesia ini melibatkan banyak perusahaan asing. ”Kalau bisa kita sendiri, kenapa harus orang lain?” – Kata Riza Ainul

Selain itu, jurusan Teknik Sipil di BINUS UNIVERISTY sudah Akreditasi ABET. Jadi sudah lebih unggul baik secara nasional dan juga international. BINUS juga cepat melakukan evolusi supaya bisa memastikan pembelajaran lancar. Diketahui bersama, BINUS juga sudah lama melakukan pembelajaran secara jarak jauh atau online, sehingga ini bukan hal yang baru untuk BINUS di masa pandemi ini.

Dengan demikian, jurusan teknik sipil ini bisa dikatakan sangat dibutuhkan masyarakat. Karena aktivitas yang dilakukan masyarakat berhubungan dengan jurusan teknik sipil ini. Mulai dari kebutuhan mall, jalan, jembatan, rumah, sekolah, dan juga yang terpenting kebutuhan air.

Oleh sebab itu, bagi kalian yang baru lulus sekolah mau lanjut kuliah dan tertarik di bidang ini, cocok banget. Apalagi jurusan teknik sipil di BINUS UNIVERSITY sudah Akreditas ABET, sehingga tidak perlu diragukan lagi.

Nantikan webinar – webinar seru lainnya di BEVE HYBRID 2022!

Untuk mengikuti kegiatan BINUS Education Virtual Expo (BEVE) 2022, kamu harus melakukan registrasi terlebih dahulu di link http://digivent.binus.ac.id/beve!

Yuk daftar sekarang dan ikuti berbagai event serunya!