Job Hunting? Persiapkan Hal-Hal Ini Sebelum Melamar Kerja!

Mencari pekerjaan menjadi momok bagi banyak orang karena banyak persyaratan dan berkurangnya lapangan pekerjaan. Namun, sesungguhnya, mencari pekerjaan tidaklah sesulit yang dibayangkan. Jika kita tidak memiliki pengalaman yang dibutuhkan, atau bahkan tidak cukup kompeten sebenarnya untuk pekerjaan tersebut, kita tetap bisa mempersiapkan diri seminimal mungkin dan cukup untuk bisa diterima kerja.

Hari ini, BEVE 2022 hari kedua akan membongkar tips dan trick untuk mendapat pekerjaan lebih mudah. webinar ini dibawakan oleh Ibu Laurensia Lunawati selaku Senior Dept. Head of HRD&GA SCM, Innovations & Quality dari Kalbe Nutritionals, salah satu partner BINUS UNIVERSITY.

Webinar diawali dengan pemahaman pekerjaan apa yang dicari, apa yang diinginkan, apa rencana kita setelah lulus. Hal ini penting karena kita perlu visi dan goals, agar tahu kemana kita melangkah.

Saat ini lebih dari 50% ketidaksesuaian pekerjaan dengan upah dan ketidaksesuaian kualifikasi pekerjaan dengan latar belakang pendidikan, membuat banyak pengangguran. Peningkatan teknologi, persaingan global juga menjadi faktor penambah pengangguran saat ini. lalu apa yang harus dilakukan?

Menurut bu Laurensia, kita memerlukan berbagai aspek untuk bisa diterima kerja, yaitu, Mempersiapkan hard dan soft skill dan Bekerjalah sebanyak yang kita bisa, menambah banyak skill

Bu Laurensia juga menjelaskan untuk menciptakan career planning, dimulai dari self assessment, yang terdiri dari values, interest, personality dan aptitude.

  1. Values

Hal apa yang menurut kita penting bagi kita, mau jadi apa?

  1. Interest

Kegiatan apa yang kita senangi? Kegiatan diluar pekerjaan apa yang asik dilakukan?

  1. Personality

Apa kebutuhan, sifta dan motivasi kita dalam sebuah kegiatan? Cari tahu dan pahami.

  1. Aptitude

Bakat apa yang kita miliki?

Memahami diri sendiri, dengan 4 aspek tersebut, maka kita bisa menemukan goals ap ayang ingin kita capai, pekerjaan apa yang ingin kita kerjakan.

Setelah career planning, saatnya career exploration. Pertama kita buat dulu job list (dibuat berdasarkan interest dan aptitude), indoor research dan outdoor research pekerjaan yang ada. Kalau sudah tau pekerjaan apa aja yang kita mau, selanjutnya self development.

Self development bisa kita bangun dengan :

  1. Mencoba skill dan pengalaman baru.
  2. Mengambil kursus skill baru
  3. Memutuskan mau intern atau magang dimana
  4. Mulai menilai apa yang kita sukai dan tidak sukai dalam pekerjaan sebagai bahan evaluasi kedepannya

Terakhir, kita decide dan job search. Pelajari cara membuat cv yang baik, latihan interview, sisihkan pilihan pekerjaan (pilih 1 atau 2 jenis saja), dan implementasikan apa yang telah dipelajari dari magang.

“Kesuksesan Berasal Dari Apa Yang Kita Yakini” – Pesan Bu Laurensia.

Jika persiapan secara ilmu sudah matang, saatnya persiapan secara mental. Kita membutuhkan self efficacy (keyakinan individu mengenai tugasnya), fixed mindset vs growth mindset, build positive character, yang terdiri dari :

  1. Leadership
  2. Creativity
  3. Adaptability
  4. Collaboration
  5. Integrity
  6. Emotional intelligence
  7. Resillience
  8. Time management

Demikian webinar diakhiri dengan games kahoot. Semoga dengan webinar ini, mencari pekerjaan bisa menjadi lebih mudah dan lebih efektif!

Jangan lupa ikut terus BEVE HYBIRD dari tanggal 27 Januari hingga 6 Februari 2022! nantikan webinar – webinar seru lainnya di BEVE HYBRID 2022!