Sajarah Banten adalah kumpulan naskah mengenai sejarah Kesultanan Banten yang ditulis dalam rentang abad ke-17 hingga ke-19. Naskah-naskah ini menceritakan sejarah Banten sejak masa pra-Islam hingga perjanjian damai Banten-Belanda serta kehidupan keraton. Terdapat ilustrasi eksterior dan interior bangunan-bangunan pada era Kesultanan Banten beserta perabot yang digunakan. Kursi merupakan perabot dengan frekuensi penggambaran yang cukup sering pada Sajarah Banten.

Penggambaran bangunan dan perabot pada naskah Sajarah Banten KBG 183 cenderung mengikuti gaya yang digunakan pada abad ke-19 meskipun rentang cerita dan setting pada beberapa halaman yang memiliki ilustrasi bangunan dan furnitur terjadi pada abad ke-17. Beberapa bentuk perabot mengikuti gaya Rococo yang berkembang pada akhir abad ke-17 dan abad ke-18; karakteristiknya dari siluet kursi berbentuk kurva S (serpentine shape) dan kaki kursi yang melengkung (cabriolet), serta kaki meja tripod dengan bagian bawah ‘bercakar’ (Miller, 2005:72).

Perabot pada era Rococo abad ke-17 dan ke-18 umumnya memiliki siluet yang terkesan ringan dan feminin dengan bentuk lengkung. Hal ini untuk memenuhi selera para wanita bangsawan Perancis akan perabot yang cocok digunakan untuk ruang salon (ruang duduk khusus pada kediaman kelas atas) yang bersifat informal, salah satunya selir Raja Louis XV, Madame de Pompadour. Siluet khas Rococo tersebut dapat terlihat pada penggambaran kursi di naskah Sajarah Banten (perhatikan Gambar 1). Cerita pada halaman berilustrasi tersebut terjadi di bangsal Panenjoan atau tempat Sultan menerima tamu, terlihat dari caption dengan aksara Pegon di bawah gambar bertuliskan “Panenjoan”. Kursi paling kiri pada ilustrasi memiliki bentuk kaki curule yang khas Neoklasik, yaitu gaya yang berkembang sebelum Rococo pada abad ke-17, sementara kursi di hadapannya dan dua kursi lain di bagian kanan ilustrasi memiliki kaki cabriolet. Meja di tengah ruangan memiliki kaki tripod dengan elemen dekoratif sulur yang banyak digunakan pada era Rococo.

Gambar 1.  Ilustrasi Kursi pada Sajarah Banten

Gambar 2.  Kursi Cabriolet Louis XV Abad ke-18 (www.sothebys.com)

REFERENSI

Miller, Judith. (2005): Furniture: World Styles from Classical to Contemporary. London: Dorling Kindersley Limited.

Pudjiastuti, Titik. (2010): Sajarah Banten: Suntingan dan Terjemahan Teks KBG 183. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.