Indonesia ialah sebuah negara kepulauan di Asia Tenggara yang memiliki kurang lebih 17.504 pulau besar serta kecil. Indonesia memiliki 300 kelompok etnis dan memiliki warisan budaya yang berkembang selama berabad-abad.

Keberagaman budaya inilah menjadikan Indonesia menjadi negara multi budaya, masyarakatnya memegang tradisi-tradisi kearifan lokalnya. Penduduk Indonesia yang mencapai 270 juta jiwa tahun 2020, merupakan market potensial untuk menempatkan produk dibenak konsumen.

Iklan merupakan satu bentuk komunikasi yang bertujuan menempatkan produk dibenak konsumen, pemilihan budaya atau kearifan lokal ini merupakan salah satu strategi untuk mempengaruhi pikiran, pearasaan dan tindakan konsumen. Pada era digital ini, budaya terutama nilai-nilai tradisional sangat jarang dijadikan sebagai sumber ide atau kreatif periklanan.

Bagi insan periklanan, sebagian pemegang tradisi adalah target market, diharapkan strategi serta pendekatan pemasaran yang tepat dengan memahami apa yang mereka pikirkan (kognisi), mereka rasakan (efek), apa yang mereka lakukan (perilaku) serta dimana kejadian yang mempengaruhi konsumen.

 

Penulis

Gandara Permana