Game Changer In 2022: Peluang Untung Besar dari ESports, NFT, and Accounting

Tahun 2021 dipenuhi dengan berbagai kejutan. Mulai dari inovasi dalam berolahraga, berpergian, makanan minuman, hingga inovasi dalam investasi. NFT, Non Fungible Token, telah mengubah dunia investasi dan seni. Berbagai karya diterima oleh publik, bahkan dihargai dengan harga yang fantastis. Tidak hanya itu, hak kepemilikan karya seni juga sudah teratasi oleh sistem block chain.

Kejutan lainnya adalah Esports, olahraga game online yang menjadi tren diantara anak muda. Siapa sangka sekarang games seperti ini bisa menjadi sumber penghasilan, menjadi entertainment yang digemari banyak orang.

Memahami situasi ini, BINUS UNIVERSITY jurusan Accounting, mengadakan webinar berjudul “Game Changer: e-Sports, NFT, and Accounting” untuk memberikan pengetahuan agar para anak muda dapat memahami situasi terkini dan bisa ikut serta dalam tren yang menguntungkan tahun ini. Webinar ini juga sebagai salah satu rangkaian acara BEVE HYBRID yang diadakan mulai tanggal 27 Januari hingga 6 Februari 2022.

Webinar dibawakan oleh Setiani Putri Hendratno selaku dosen dari BINUS Accounting dengan pengalaman di dunia e-sports, serta berbagai narasumber ahli lainnya, seperti :

  • Priyagung Satriono selaku Coach e-Sport Team
  • Nashiruddin Al-Fath, S.Sn., M.Sn. selaku dosen Animasi BINUS dan Founder dari @kulitalks
  • Ricky Setiawan selaku CEO of GGWP.ID

Dalam webinar ini, para narasumber membahas mengenai esport, NFT, cryptocurrency, serta metaverse, yang merupakan tren saat ini. Webinar diawali dengan pembahasan esport. Menurut para ahli e-sports, kak Ricky dan Kak Priyagung, esport sendiri bukanlah sekedar games, namun diperlukan ketangkasan fisik dan mental. Esport juga memerlukan berbagai komponen, seperti gaming house, internet yang stabil, serta atlit esport yang kompeten. Kompeten disini adalah bertanggung jawab, profesional, bukan sekedar pemain games biasa.

Saat ini esport memerlukan legalitas hukum agar regulasi pemain, sistem permainan, dan agar esport lebih diakui oleh publik. Kestabilan internet juga harus segera diperbaiki, karena internet sangat mempengaruhi performa permainan. Kedepannya, diharapkan muncul talent – talent yang ahli dalam bisnis, seperti dari Accounting BINUS, sehingga market esport dapat berkembang dan para atlit bisa mendapat pendapatan yang lebih stabil.

“Banyak banget peluang di esport” kata kak Ricky.

Webinar dilanjutkan dengan pembahasan NFT, Cryptocurrency dan metaverse. Menurut kak Alfath, NFT memberikan  eksklusivitas , transparansi kepemilikan serta social economic status, karena NFT sendiri memiliki harga yang mahal. Berbicara NFt, tidak lari dari cryptocurrency. Menurut kak Alfath, NFT yang trending tiba – tiba seperti ini tidak akan bertahan lama. NFT saat ini bisa meningkat harganya karena banyak orang mempromosikan terus menerus, digorang terus menerus, sehingga makin banyak orang ikut NFT. FOMO, juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang ikut NFT. Pernyataan ini juga didukung oleh kak Ricky dan kak Priyagung, yang menyatakan bahwa game – game berbasis cryptocurrency juga seperti itu. Game crypto, seperti axis, saat ini sedang turun. Dan menurut kak Priyagung, game – game ini sampai hari ini tidak bertahan lama.

Terakhir, metaverse menjadi topik yang hangat diperbicarakan diberbagai tempat. Menurut kak Alfath, metaverse pasti akan menjadi hype dan menjadi tren baru. Kemungkinan nantinya, di metaverse kita bisa jual beli tanah, properti, yang semuanya berada di metaverse. menurut kak Alfath, nantinya kita juga ikut mengembangkan metaverse, people to people, bukan lagi korporat yang mengatur.

Dengan demikian, dengan berbagai perkebangan tren yang ada, kemungkinan akan ada perkembangan dalam bisnis yaitu direct to avatar, dimana banyak orang memiliki beberapa jenis avatar, sehingga bisnis bisa menjadi semakin digital dan trending di masa metaverse nanti.

Webinar pun diakhiri dengan tanya jawab. Demikian webinar Game Changer berakhir, nantikan webinar – webinar seru lainnya di BEVE HYBRID 2022! BINUS UNIVERSITY mengundang Anda untuk mengunjungi BEVE Hybrid Edition 2022 secara daring/online pada 27 Januari sampai 6 Februari 2022 dengan mengakses link berikut: https://digivent.binus.ac.id/beve