Branding; Hubungan antara Pengalaman dan Interaksi
Oleh Ratna Amalia
“Branding adalah memberikan kekuatan merek kepada produk dan jasa” (Kotler & Keller, 2015). Branding merupakan proses memberi makna pada organisasi, perusahaan, produk, atau layanan tertentu dengan menciptakan dan membentuk merek di benak konsumen. Hal ini merupakan strategi yang dirancang oleh organisasi untuk membantu konsumen mengidentifikasi dan merasakan merek dengan cepat, dan memberi konsumen alasan untuk memilih suatu produk daripada produk lainnya/pesaing, apakah produk ini sesuai dengan mereka atau tidak. Sedangkan brand experience adalah pengalaman-pengalaman unik yang tidak terlupakan yang dialami oleh para pelanggan ketika menikmati produk atau jasa yang ditawarkan. Dimana akumulasi dari pengalaman tersebut akan menciptakan kesan tersendiri dan unik tentang brand di pikiran dan hati pelanggan.
Manfaat memberikan brand experience kepada pelanggan diantaranya:
- Brand produk atau jasa menjadi terdiferensiasi dengan baik di tengah banyaknya brand dengan kategori bisnis yang sama dengan produk atau jasa yang kita
- Brand experience yang diberikan kepada para pelanggan akan memudahkan brand
untuk menjual produk atau jasa mereka kepada para calon konsumen
- Adanya engagement sehingga terjadi loyalitas konsumen. Brand Experience ini akan dialami oleh para pelanggan ketika mereka sedang menikmati atau menggunakan produk atau jasa
Brand experience bisa dirasakan konsumen bisa melalui produk pada saat pembelanjaan offline dan online. Bisa juga ada saat menerima kemasan sesudah membeli produk. Pengalaman bisa juga terjadi di tempat konsumen melakukan pembelanjaan offline dan website atau marketplace, dan yang terakhir adalah promosi. Oleh karena itu untuk menciptakan pengalaman melalui interaksi dengan memanfaatkan desain untuk seluruh media sebagai platform komunikasi antara brand dengan konsumen bisa melalui layout, warna, tipografi, dan bentuk.
Pengalaman pada saat offline
Sumber: https://www.indiamart.com/proddetail/promotion-event-20554189530.html
Pengalaman pada saat online
Sumber: https://info.mrpcap.com/blogtrend- brand-alert-augmented-reality-in-package-design
Pengalaman konsumen dengan kemasan
Sumber: https://www.dexigner.com/directory/detail/27008
Comments :