BINUS FILM WEEK 2021 – Karya Fenomenal Siap Beradu di Kancah Global

Siapa sih disini yang suka nonton film bergenre horror?! Kalau iya kamu harus wajib banget menonton film-film hasil karya BINUSIAN di BINUS Film Week! BINUS Film Week adalah acara tahunan yang diadakan jurusan Film BINUS UNIVERSTIY. Film Week sendiri merupakan acara tahunan yang bertujuan untuk memberikan pengenalan mengenai film, dan bereksplorasi dengan berbagai hal yang berkaitan dengan film.

Di tahun 2021 ini, BINUS Film Week mengangkat tema genre Horror dengan memadukan budaya Indonesia. Film Horror sering diabaikan karena bersifat tidak nyata. Namun, bagi Film Program BINUS UNIVERSITY, film Horror bisa dikembangkan menjadi lebih menarik dan memiliki pesan moral. Genre Horror sendiri memiliki keterkaitan yang erat dengan budaya Indonesia dan kearifan lokal.

Oleh karena itu, dalam Film Week 2021 ini, BINUS FILM mengangkat tema horror budaya Indonesia dengan judul The Spirit Images : Horror and Culture of Indonesia Cinema, dan di acara ini juga akan diputar sejumlah film horror karya para mahasiswa jurusan Film.

Film Week ini berlangsung selama 2 hari yaitu 10 dan 11 Desember 2021. Acara ini mengundang beberapa narasumber berkualitas yang berpengalaman di dunia seni, terutama film, seperti Alicia Izharuddin, Riar Rizaldi, yang akan berdiskusi mengenai pengaruh Budaya, Sex, dan politik dalam sejarah film Horror Indonesia, dan Joko Anwar, yang akan mengadakan Master Class pembuatan film Horror.

Dalam pemutaran film ini, terdapat 6 film yaitu :

  1. The Light Switch – karya Pio Soesetio and team
  2. Siapa? – karya Joddy Prasojo and team
  3. Myth – karya Gurveer – Puspaningrum, and team
  4. HUNI – karya Anastasia Sava – Nadya Aissyah, and team
  5. Ondel Ondel – karya Felsya Sunarjo – Charlotte Cynthia Wijaya, and team
  6. Cilantar Files – karya Kevin Ezekiel and team

Tiap film memiliki keunikan sendiri, seperti adanya time travel, no dialogue, hingga POV kamera depan. sungguh menarik dan membuat deg-degan, karena tiap detiknya, kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Baik dari sisi pengambilan gambar, penggambaran kisah mitosnya, hingga penyesuaian dengan kehidupan saat ini, semuanya sangat memukau. Dijamin menyesal jika tidak menonton!

Pada hari ini juga, tepatnya nanti pukul 8 malam, Joko Anwar juga akan melakukan screening film pendek buatanannya, dan akan memberikan pelajaran untuk para penggemar film Horror. Jangan sampai ketinggalan ya!

Semoga dengan acara Film Week ini, para penonton dapat terinspirasi dan berminat untuk membuat film Indonesia menjadi lebih maju. Dan semoga karya – karya BINUSIAN dapat mencapai kanca global, dan mampu membawa nama Indonesia semakin maju!