Komitmen Sumbangsih kepada Indonesia sebagai Wujud Syukur Dies Natalis ke-40 Universitas Bina Nusantara

Penulis: Desi Indrawati, Febrina Nadelia, Yella Dezas Perdani

 

Universitas Bina Nusantara (BINUS University) pada tanggal 1 Juli 2021 genap berusia 40 tahun. Dies Natalis BINUS yang ke-40 dilaksanakan secara virtual dengan mengusung tema Technology for Empowerment and Social Transformation. BINUS terus melangkah maju dan berkomitmen meningkatkan kontribusinya dalam membina dan memberdayakan masyarakat melalui pendidikan dan selalu semangat dalam membangun Indonesia yang lebih baik.

BINUS merayakan pertambahan usianya dengan penuh rasa syukur dan kebahagiaan yang diawali dengan Misa syukur secara virtual. Perayaan Dies Natalis ini tidak hanya sebagai indikator pertambahan usia bagi Universitas Bina Nusantara, tetapi juga sebagai indikator kematangan berkontribusi dalam dunia pendidikan Indonesia. Keberadaan Universitas Bina Nusantara yang kini telah berusia tepat 40 tahun menjadi bukti bahwa BINUS tetap teguh dan kokoh untuk terus menjalankan visi dan misinya menjadi sebuh universitas pencetak lulusan yang unggul di bidangnya dan berkontribusi bagi bangsa dan negara.

Perayaan Dies Natalis BINUS kemudian dilanjutkan dengan sidang senat Universitas Bina Nusantara, peluncuran BINUS Museum, peluncuran buku BINUS Journey 2020, peluncuran buku BINUS 2035, penghargaan mahasiswa, dosen dan alumni, lifetime achievement award, serta penghargaan 40 riset berkontribusi. Sebagai wujud apresiasi BINUS juga merayakan pertambahan usianya yang ke-40 dengan menggelar berbagai kegiatan dan lomba dengan mengajak masyarakat, mahasiswa dan sivitas akademika untuk berpartisipasi dalam berbagai rangkaian kegiatan dan lomba menyambut Dies Natalis BINUS ke-40 yang dimulai sejak Juni 2021.

Berbagai kegiatan dan lomba di antaranya Digi-TALK-preneur Series, Pentas Seni Mahasiswa dan ASEAN Festival yang diselenggarakan oleh BINUS @Malang dan Rangkaian Kompetisi, Pembinaan UMKM serta Virtual Job Expo yang diselenggarakan oleh BINUS @Bandung. Kegiatan lainnya berupa Sharing Session untuk 40 Riset Berkontribusi serta International Conference on Biospheric Harmony Advanced Research (ICOBAR) 2021. Semua rangkaian kegiatan dan lomba ini tentunya berkaitan dengan tema Dies Natalis BINUS ke-40 yaitu “Technology for Empowerment and Social transformation”.

Menteri Pendidikan, Nadiem Anwar Makarim, yang turut menghadiri acara Dies Natalis BINUS ke-40 menyampaikan bahwa perjalanan untuk memajukan pendidikan masih panjang dan membutuhkan usaha yang tidak kecil, adaptasi dan transformasi harus dilakukan dengan segera agar universitas dapat menghasilkan lulusan yang unggul di bidangnya. Sejalan dengan pernyataan Menteri Pendidikan, Universitas Bina Nusantara akan terus melanjutkan komitmen untuk menghasilkan lulusan yang unggul di bidangnya dan meningkatkan kontribusi nyata dalam membina dan memberdayakan bangsa agar lebih maju, dari sisi pengetahuan, sosial, dan teknologi.

BINUS memanfaatkan momentum Dies Natalis ini untuk bersyukur, menghargai, dan berkomitmen. Diwakili oleh Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M selaku rektor Universitas Bina Nusantara menyampaikan rasa syukur atas 4 dekade BINUS berkontribusi konstruktif serta produktif bagi pembangunan tanah air tercinta, serta dapat terus menghasilkan prestasi membanggakan yang inovatif dan kreatif, baik ditingkat nasional maupun internasional. BINUS juga berdedikasi untuk selalu menghargai segala bentuk kontribusi yang berdampak bagi masyarakat melalui dosen, mahasiswa, serta alumni. Prof. Har, begitu beliau kerap disapa, juga menyampaikan bahwa Binus tidak hanya ikut andil dalam dunia pendidikan di lingkup kampus saja, tetapi juga berkomitmen membina dan memberdayakan masyarakat melalui riset dan temuan riset yang telah dilakukan sebagai bentuk sumbangsih kepada bangsa ini, serta telah berkolaborasi dengan industri untuk menjawab tantangan zaman.

Prof. Har juga menyampaikan bahwa BINUS berkomitmen membina dan memberdayakan masyarakat melalui riset-riset unggul dari Binusian untuk masyarakat Indonesia. Beliau mengungkapkan ada 40 kontribusi riset yang telah dihasilkan untuk terus memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Beberapa di antaranya adalah inovasi NAYAKALARA-Robot Pendukung Tenaga Medis Membasmi Covid-19 dan Alat Baca Suhu V.4. Sejumlah 20 robot NAYAKALARA telah disalurkan dan dimanfaatkan di sembilan rumah sakit di Indonesia yang ada di Jakarta, Bekasi, Bandung, Pekalongan, Semarang, Malang, dan Sidoarjo.

Membina dan memberdayakan masyarakat akan selalu menjadi semangat BINUS dalam berkontribusi membangun Indonesia yang lebih baik. Dies Natalis BINUS yang ke-40 telah selesai digelar, telah menorehkan sederet prestasi dan akan terus maju menjadi Universitas dengan visi “A World-class university, fostering and empowering the society in building and serving the nation”. BINUS tetap berkomitmen menjadi universitas di Indonesia yang begaung di dalam dan di luar negeri, menghasilkan lulusan berjiwa kepemimpinan, berkeahlian, dan berprestasi.