Oleh: Imaniar Rizki, S.Ds., M.Ds.

 Membuat karya secara manual dengan menggunakan tinta, pensil, maupun cat memang memiliki tantangan sendiri. Terutama ketika mempresentasikan karya tersebut secara online kepada dosen/klien. Ada kalanya karya yang telah dibuat sepenuh hati menjadi tidak terlihat detailnya karena tertutup glare cahaya atau bisa jadi warna tidak keluar dengan sempurna.

Tenang, memotret karya sendiri ada tekniknya. Ini dia tips dan trik agar karyamu dapat terpotret dengan sempurna dan siap dipresentasikan di dalam kelas atau bahkan kepada klien!

Natural Light

Jika tidak ada budget untuk membeli lighting, tenang. Cahaya matahari di pagi hari adalah salah satu penerangan terbaik yang gratis! Hindari memotret ketika matahari sedang terik karena warna karyamu akan terlihat pudar atau akan terlihat glare di beberapa titik. Gunakan kertas putih untuk mengontrol glare yang tertangkap kamera.

Potret di Bidang Datar

Memotret karyamu di bidang datar adalah kunci. Bisa di lantai, atau juga di dinding. Untuk memotret karya di dinding, tempelkan bagian belakang karya menggunakan selotip kertas yang dilipat. Selamat mencoba!

Fokus dan Lurus

Di kebanyakan ponsel, cukup tap di tengah layar untuk membuat kamera menjadi fokus. Menggunakan fitur grid juga akan sangat membantu untuk menilai apakah sudut pengambilan sudah lurus atau belum.

Gunakan Scanner

Selain menggunakan kamera atau ponsel, kamu juga bisa memanfaatkan scanner. Jika kamu memiliki scanner di rumah, dan karyamu berukuran lebih kecil daripada bidang scan, cobalah pindai karya di 600 DPI.

No Zoom Zoom Club

Pastikan untuk tidak menggunakan fitur zoom di kamera ponselmu. Menggunakan zoom akan membuat pixilation alias fotomu bisa ngeblur!

Adjust warna di Photoshop

Setelah kamu selesai memotret/memindai, karya digitalmu telah jadi! Tetapi pastikan warna yang muncul di layar komputer kamu tidak jauh berbeda dengan warna karyamu. Adjustment di Photoshop bisa dilakukan di menu levels.

Buang yang Tidak Penting

Ketika memotret/ memindai tentunya bagian-bagian yang tidak penting masih terlihat, misalnya sisa dinding, atau ujung buku, sisa kertas, dll. Gunakan fitur crop di Photoshop dan potong karyamu sesuai dengan bidang media yang kamu buat.

Itulah tadi beberapa tips agar karyamu bisa well presented ke dosen atau bahkan ke klien. Selamat mencoba!

Referensi:

https://www.cgproprints.com/blog/how-to-digitize-your-art-on-a-budget https://www.stateoftheart-gallery.com/blog/how-to-photograph-your-art-using-your-phone