Oleh : Mochammad Haldi Widianto

 

Sangat banyak penggunaan LPWAN (low-power Wide Area Network) didasari karena komunikasi yang memakan energi tinggi perlu di minimalisir, penggunaan LPWAN seperti Sigfox, NB-IOT, Zigbee, Z-Wave. Mereka semua adalah teknologi yang terkenal dalam LPWAN. Karena sifatnya yang menyediakan low-power dinilai penting dalam skema lahan terbuka.

 

Sekarang pertumbuhan ekonomi dibidang pertanian sangat penting, karena ekonomi negara dan ketahanan pangan bergantung pada sector pertanian.  Kegunaan baterai sangat penting, terutama karena perangkat sangat jauh dari sumber energi terdekat. Pada pertanian kemungkinan penggunaan perangkat yang memungkinkan adalah LoRa, perangkat ini menggunakan energi yang sangat rendah dalam aktifitas pengirimannya.

Gambar 1. Sistem pengiriman informasi IoT

 

Pengiriman informasi dinilai sangat penting karena untuk mengolah hasil data yang banyak perlu dikirimkan dulu ke computer lalu diolah menjadi informasi penting. Perangkat LoRa memiliki beberapa kelemahan, seperti data-rate yang kurang baik dan delay yang tinggi, tetapi karena fungsinya adalah lahan terbuka, sehingga penggunaan LoRa ini sangat cocok, untuk mengurangi datarate dan delay karena banyak halangan (tembok, Gedung dsb).

 

Beberapa hasil konsumsi yang dilakukan pada teknologi LoRa bergantung pada:

  • Bandwidth
  • Datarate
  • Spread Factor (SF)
  • Coding Rate

 

Pada beberapa penelitian melakukan perubahan pada SF seperti pada SF 7 dan SF 12, sehingga menghasilkan hasil yang berbeda dengan output pengiriman menggunakan 14 dBm dsb.

Tabel 1. Pengukuran kondisi LoRa

 

Kondisi yang dilakukan pengukuran berbagai macam seperti saat LoRa Sleep, Mengukur, mengirim dan menerima. Sehingga didapatkan hasil pengukuran saat pengiriman dan menerima membutuhkan energi yang sangat besar.

Jika ada yang melakukan penelitian dapat dipikirkan kembali persentase penggunaan energi saat sleep, normal dsb

 

Referensi:

Esma Kökten,   Bahadır Can Çalışkan,   Saeid Karamzadeh, Ece Gelal Soyak (2020). “Low – Power Agriculture IoT System with LoRa : Open Field Storage Observation. “ Electrical, Control and Communication Engineering, ISSN 2255-9159, ISSN 2255-9140, 16(2), 88–94.