Computational Thinking, Cara Baru Belajar untuk Anak!

Dari zaman ke zaman, cara belajar selalu berubah. Saat ini, belajar bisa dari mana saja, dan menggunakan teknologi. Teknologi tidak hanya mempermudah cara belajar dan mendapatkan informasi, tapi juga mengembangkan cara belajar tersebut. Computational Thinking, merupakan salah satu cara belajar yang cocok digunakan di era digital ini. manfaatnya, kita dapat menganalisa masalah yang kompleks, memahami inti masalah, serta menciptakan solusi untuk masalah tersebut.

Saat ini, Computational Thinking kurang terdengar di masyarakat. Padahal manfaat dan teknis belajar yang cukup efektif dan menarik ini sangat diperlukan. Untuk itu, dalam rangka merayakan Dies Natalis 40 tahun BINUS UNIVERSITY berkontribusi kepada Indonesia, BINUS UNIVERSITY mengadakan Empowering Festival – Computational Thinking , yang dibawakan oleh jurusan Computer Science BINUS @Bandung. Webinar ini mengundang pembicara Evawaty Tanuar, S.Kom. M.Info. Tech selaku salah satu dosen BINUS UNIVERSITY

Dalam webinar ini, ibu Eva menjelaskan betapa pentingnya Computational Thinking dengan berbagai video animasi yang mudah dimengerti. Dari penjelasan ibu Eva, Computational Thinking, terdiri dari 4 komponen, yaitu :

  • Dekomposisi : menguraikan masalah menjadi beberapa bagian kecil
  • Abstraksi : fokus pada informasi penting dari masalah, dan mengabaikan detail yang tidak penting
  • Pattern Recognition : mengenali pola masalah, dan mencari persamaannya.
  • Algoritma : membuat solusi untuk masalah secara bertahap, atau membuat langkah – langkah menyelesaikan masalah tersebut.

Terdengar simple, tapi tidak banyak orang – orang yang memikirkan hal ini saat dihadapkan pada masalah atau hal baru yang dipelajari. Computational Thinking bisa diterapkan di berbagai bidnag, seperti musik, matematika, fisika, ilmu sosial, literasi media, hingga environmental science. Ibu Eva juga menyarankan untuk coba mempelajari proses belajar Computational Thinking ini melalui https://studio.code.org/s/course3/stage/1/puzzle/1 . link ini bisa juga dipelajari oleh anak – anak.

Semoga dengan Computational Thinking, anak – anak Indonesia mampu menyelesaikan berbagai masalah, menciptakan berbagai solusi, menghasilkan berbagai inovasi, dan pastinya memajukan bangsa Indonesia, seperti visi misi BINUS UNIVERSITY.

Mari, bersama Computer Science BINUS @Bandung, kita raih cita – cita, dan majukan bangsa!