Pada bulan Juni lalu, program studi Desain Interior BINUS Bandung berkesempatan mengikuti International Conference on Biospheric Harmonic Advance Research atau ICOBAR 2021. Seminar yang dilaksanakan tiap tahun ini berlangsung dari tanggal 24 hingga 25 Juni 2021. Dalam kesempatan ini, program studi Desain Interior mengirimkan wakilnya yang terdiri dari tujuh orang FM dan dua orang mahasiswa. Mereka memaparkan hasil perkembangan dari dua kelompok hibah Penelitian Terapan BINUS dan satu hasil dari penelitian mandiri. Penelitian dengan judul The Implementation of New Habit Adaptations at the Go Tik Swan Batik Workshop for the Sustainability of a Culture-Based Creative Economy, dipresentasikan oleh Dr. Rachmi Kumala Widyasari, S.T., M.Ds., Mila Andria Savitri, S.T., M.Ds., Deanawati Insani, S.Ds., M.Ds. dan Sarah Charissa. Sedangkan penelitian dengan judul Interior Design for Increasing Airflow in Tiny Houses to Improve Well-Being dipresentasikan oleh Friska Amalia, S.Ds., M.Ds., Dini Cinda Kirana, S.Ds., M.Ds., Riono A. Abdullah, S.Ds., M.Ds., dan Janice Florencia Rahmat. Presentasi terakhir dipaparkan oleh R. Asep Ahadiat G., S.Ds., M.T. dengan penelitian berjudul Sustainable Energy in the Concept of Kinetic Architecture (Case Study: D*Haus Dynamic).

 

Gambar 1. Presentasi salah satu hasil penelitian yang dipaparkan pada ICOBAR 2021 Sumber: Dokumentasi pribadi

 

Bersamaan dengan berjalannya ICOBAR 2021, pada tanggal 25 Juni 2021 juga berlangsung pembukaan pameran seni dan desain pertama yang diinisiasi oleh School of Design BINUS yaitu International Academic on Contemporary Art and Design Exhibition atau INACADE 2021. INACADE adalah wadah bagi para akademisi dari berbagai negara untuk bertemu dan berdiskusi tentang ide, karya seni dan desain. INACADE bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengangkat kearifan lokal dan mengekspresikannya melalui karya seni visual kontemporer dalam bentuk desain grafis, fotografi, ilustrasi, tipografi, desain furnitur, 3D arts, video, motion graphics, animasi dan lainnya. Program studi Desain Interior BINUS Bandung berhasil turut serta dalam acara INACADE kali ini dengan mengirimkan tiga orang FM dan seorang mahasiswa sebagai wakilnya. Karya-karya dengan judul The Spacemaker karya dari Dr. Rachmi Kumala Widyasari, S.T., M.Ds. dan Fun & Safe Cubiclass karya dari Friska Amalia, S.Ds., M.Ds. berhasil dipamerkan dalam ruang galeri virtual, Flat Images Gallery. Sementara itu karya-karya dengan judul Adaptive Reuse – Bioskop Dian hasil karya dari Befa Fadlullah dan Spaces in Life hasil karya dari Mila Andria Savitri, S.T., M.Ds. berhasil dipamerkan dalam ruang galeri virtual, Video Gallery. Silakan kunjungi laman https://sod.binus.ac.id/inacade untuk karya-karya yang menakjubkan lainnya.

 

Gambar 2. Hasil karya para dosen dan mahasiswa Desain Interior BINUS Bandung yang dipamerkan pada ruang galeri virtual di INACADE 2021

Sumber: https://sod.binus.ac.id/inacade/gallery https://sod.binus.ac.id/inacade/gallery/video