Oleh: Citra F Santoso

 

Pada kesempatan yang lalu, prodi DKV BINUS Bandung mendapatkan kesempatan untuk memberikan pelatihan kepada siswa SMA yang ada di Bandung, yakni SMA Trimulia. Pada kesempatan tersebut, dosen-dosen dari prodi DKV BINUS Bandung memberikan materi bertajuk “MONSTER”. Pelatihan “MONSTER” merupakan kegiatan pelatihan mengenai cara membuat poster dengan memperhatikan layout, warna, komposisi objek yang akan ditempatkan, typography, dan cakupan yang mendasar yang berhubungan dengan prinsip dan elemen desain. Judul “MONSTER” sendiri merupakan singkatan dari “Make your OwN poSTER”.

Seperti kita ketahui, di era digital seperti sekarang yang perkembangannya makin mengarah ke dalam digitalisasi bentuk desain, maka dalam pembuatan poster juga dipengaruhi oleh munculnya berbagai aplikasi digital baik itu berupa software, aplikasi pada handphone, dan lain sebagainya yang bermunculan dan makin bervariasi toolsnya. Contohnya seperti aplikasi Canva. Meski Canva merupakan aplikasi yang menjadi tantangan sendiri bagi para desainer grafis khususnya, namun di sisi lain, Canva menjadi cara praktis bagi masyarakat umum dalam membuat desain yang mereka perlukan. Dalam kesempatan ini, agar pelatihan dapat mempermudah aktifitas pembuatan karya, maka dipilihlah aplikasi tersebut. Namun teori yang diberikan dari prinsip desain dan elemen desain tetap diberikan kepada siswa SMA Trimulia Bandung. Selain itu, pengetahuan dan wawasan mengenai pengertian, fungsi, jenis poster, dan design style juga diberikan kepada siswa SMA Trimulia, agar mendapatkan dasar pengetahuan mengenai poster, yang pada pengaplikasian akhirnya, karya dibuat menjadi e-poster.

karya-michelle-dan-beatrice-SMA-Trimulia-Bandung

gambar-karya-siswa-SMA-Trimulia

Dalam pelatihan ini juga diberikan apresiasi kepada siswa-siswi SMA Trimulia Bandung, bagi karya favorit dan karya pilihan yang terbaik dari dosen yang memberikan pelatihan dan sesama rekan siswa-siswi tersebut. Karena aktifitas pelatihan ini dilakukan secara daring, maka pengumpulan karyanya juga dilakukan dengan memanfaatkan sebuah wadah secara daring pula, yakni menggunakan padlet. Aplikasi web based ini membantu siswa untuk saling melihat dan berdiskusi juga memberikan pendapat pada karya mereka.

Diharapkan melalui pelatihan ini, siswa SMA Trimulia mendapatkan pengetahuan, motivasi, dan pengalaman mengenai desain komunikasi visual, melalui belajar membuat poster yang di dalamnya dihadirkan dasar tentang prinsip desain, layout, dan juga sejarah tentang poster.