28 Agustus 2021

  • Surface Packaging Desain

 

Dalam mata kuliah Surface packaging design program peminatan merupakan pendekatan interdisipliner yang terdiri dari berbagai program studi yang memberikan pengetahuan serta keterampilan tambahan (perluasan) untuk melengkapi kompetensi utama lulusan.

 

terdiri dari kelas gabungan diantaranya jurusan studi Desain Komunikasi Visual, desain interior, Creativepreneur dan IT di. Di mata kuliah Surface Packaging Design  semua mahasiswa diarahkan untuk membuat tugas dengan tujuan mata kuliah ini sebagai salah satu mata kuliah perencananan desain kemasan, mahasiswa dengan mengikuti proses yang dilakukan mahasiswa dilatih untuk memiliki perencanaan memilih klien dan merencanakan kemasan sebagai hasil akhir di perkuliahan  ,Mahasiswa harus mencari dan menentukan bidang usaha, arahannya adalah Usaha Micro Kecil Menengah (UMKM), dari pengajuan yang dipilih oleh mahasiswa di asistensikan dengan dosen pembimbing. Setelah klien didapatkan maka proses selanjutnya adalah menganalisis profil UMKM yang telah dipilih . Analisis ini dibutuhkan dengan cara analisa profil, target konsumen , brand personality, analisis competitor , perceptual map, moodboard,  Sehingga didapat acuan dalam membuat karya.

Pengumpulan mind maping

 

Sumber: karya Christine evelyn 2301849031

Karya di atas merupakan pemaparan milik Christine evelyn. Mahasiswi angkatan 2023 ini menjelaskan sebelum membuat kemasan, langkah-langkah tersebut dilakukan agar membuat kemasan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Diantaranya target yang tercapai, pemasaran branding yang tepat. Pembaca dapat melihat langkah –langkah yang dilakukan sampai membuat kemasan

Proses pengerjaan desain mulai dari mood board. moodboard adalah kumpulan atau komposisi gambar, visual dan objek lain yang biasanya dibuat untuk tujuan desain ataupun presentasi dengan klien, dan moodboard bisa menjadi panduan bagi desainer dalam mengembangkan proyek bisnis, sehingga klienn dapat lebih memahami penjelasan

Proses mendesain kemasan pada dasarnya mirip dengan proses mendesain pada umumnya tapi harus diperhatikan juga adalah, bahan yang digunakan karena fungsi produk tersebut, jadi dapat disimpulkan desan kemasan selain diperhatikan elemen visual tapi diperhatikan juga struktur bentuknya, kemasan terdapat yang kemasan primer atau sekunder, pada hakekatnya kemasan selain fungsi utamanya sebagai pelindung produk memiliki peran promosi yang dilakukan sebagai branding, karena kemasan sekunder biasa menjadi bagian dari display produk.