Deanawati Insani Wasilah – Agustus 2021

A.    Pendahuluan

 

  1. Pengertian Post Strukturalisme

Post strukturalisme adalah sebuah gagasan yang muncul akibat ketidakpuasan terhadap pemikiran sebelumnya yaitu strukturalisme.

Menurut Jacques Lacan, kita terlahir dalam kondisi kekurangan dan kemudian menghabiskan seluruh hidup kita dengan coba mengatasi kondisi ini. Kekurangan yang dialami dengan cara yang berbeda dan sebagai sesuatu yang berbeda, namun senantiasa merupakan ekspresi nonrepresentatif dari kondisi kekurangan yang fundamental (Rujukan dari buku Cultural Studies dan Kajian Budaya Pop).

Dengan hakikat manusia yang seperti itu mengakibatkan munculnya banyak gagasan baru.

 

B.     Permasalahan (Studi kasus berkembangnya fenomena aplikasi transportasi online ‘Gojek’ di Indonesia)

Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang sedang berkembang dan menbutuhkan segala hal yang serba cepat. Namun walaupun begitu masyarakat Indonesia kebanyakan tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan segala hal dengan serba cepat itu. Oleh karena itu masyarakat Indonesia memang membutuhkan sebuah transportasi yang siap mengantar mereka kemana saja dengan cepat dan efisien.

 

Menyadari hal ini maka berkembanglah jenis transportasi umum di Indonesia, mulai dari angkot, bus, kereta cepat, ojek, taksi, dan sebagainya. Dan yang paling banyak diminati oleh masyarakat untuk berpergian dengan cepat adalah ojek.

 

Namun ada beberapa kendala dengan jenis transportasi ini. Salah satunya adalah tidak semua tempat memiliki pangkalan ojek, dan tidak semua masyarakat percaya bahwa

 

itu benar – benar ojek yang terpecaya, karena terdapat beberapa kasus ojek yang melakukan tindakan criminal terhadap penumpangnya.

 

Menyadari hal di atas, maka terciptalah aplikasi ojek online. Aplikasi ini menawarkan kemudahan kepada masyarakat Indonesia yang ingin berpindah dengan cepat serta aman dan efisien. Dengan adanya aplikasi ini masyarakat Indonesia tidak perlu mencari pangkalan ojek terdekat, cukup memanggilnya melalui aplikasi tersebut dan kemudian ojek yang terdekat akan datang.

 

Aplikasi ojek online ini tentu saja merupakan sebuah gagasan baru yang menggantikan gagasan lama yaitu jika ingin menggunakan transportasi umum maka masyarakat Indonesia harus mendatanginya. Aplikasi ojek online ini membuat sebuah gagasan yaitu masyarakat tidak perlu repot mencari transportasi umum, cukup memanggilnya melalui sebuah aplikasi maka transportasi yang diinginkan langsung datang dan dengan biaya yang lebih terjangkau.

 

C.    Kesimpulan

Dari semua hal di atas dapat disimpulkan bahwa post strukturalisme adalah sebuah gagasan yang muncul akibat adanya ketidakpuasan manusia terhadap pemikiran yang ada sebelumnya. Hal ini muncul akibat hakikat manusia yang selalu bergerak maju dan tidak pernah puas dengan keadaan yang ada. Manusia dilahirkan dengan kekurangan dan manusia selalu berusaha untuk menyempurnakan kekurangan tersebut dengan gagasan – gagasan baru.

 

Salah satu contoh gagasan baru tersebut adalah adanya fenomena aplikasi ojek online di Indonesia yaitu Gojek. Aplikasi ini memecahkan gagasan masyarakat sebelumnya yaitu masyarakat harus mendatangi dan pencari pangkalan ojek jika ingin menggunakannya.