Indonesia mulai resmi menjadi anggota WTO (World Trade Organization) sejak tahun 1994 dan diterbitkannya UU 7 tahun 1994 pada tanggal 2 November 1994 tentang pengesahan “Perjanjian  Pembentukan Organisasi Perdagangan Dunia”. Dengan bergabungnya Indonesia kepada WTO,Indonesia diharapkan dapat meningkatkan perdagangan internasional dan mendorong perekonomian Indonesia yang membawa dampak positif terhadap kesejahteraan warga negara Indonesia. Berbagai dampak positif International Trade dapat dirasakan oleh Warga Negara Indonesia. Salah satu dampak positif international trade ini adalah , terbentuknya lapangan pekerjaan baru. International Trade dapat menghadirkan banyak lapangan pekerjaan bagi WNI . Sebagai contoh bagian produksi.perusahaan-perusahaan di Indonesia membutuhkan lebih banyak pekerja agar bisa memenuhi permintaan pasar internasional melalui ekspor.Dengan melakukan ekspor – impor, Indonesia dapat memenuhi kebutuhan produk-produk yang tidak ada di Indonesia. Sebagai contoh Indonesia menjalani International Trade dengan Amerika.Disini Indonesia mengimport buah apel.mengapa dapat terjadi padahal Indonesia merupakan produsen buah beraneka ragam ? Tentu karena permintaan masyarakat Indonesia besar.Apel Indonesia memiliki ciri khasnya sendiri yang membedakan dengan apel dari Amerika.Banyak masyarakat Indonesia yang memilih mengkonsumsi apel import dibandingkan apel Indonesia,karena perbedaan ukuran maupun kualitasnya. Kedepannya dapat terjadi buah local Indonesia dapat tergeser dengan produk-produk import.

Pemerintah Indonesia harus bisa menyetarakan kebutuhan import dan ekspor.Pemerintah harus berusaha menekan SDA dan SDM yang Indonesia miliki agar mampu bersaing dengan negara-negara maju dalam International Trade.Indonesia diuntungkan dengan SDA yang sangat melimpah , hanya saja SDM yang dimiliki belum memadai untuk memanfaatkan SDA yang ada.Kedepannya Indonesia memiliki peluang dapat menguasai International Trade dengan bersaing dengan China maupun Amerika.

Source :

https://www.kompasiana.com/dicky99014/5bc54be8677ffb3f4a68c643/perkembangan-indonesia-dalam-perdagangan-internasional?page=all